PGRI Kota Sukabumi Minta Dewan Pendidikan Harus Menjadi Agen Perubahan

Tuesday 26 January 2016 , 12:34 PM
PGRI Kota Sukabumi Minta Dewan Pendidikan Harus Menjadi Agen Perubahan (inilahkoran.com)

PGRI Kota Sukabumi Minta Dewan Pendidikan Harus Menjadi Agen Perubahan (inilahkoran.com)

KETUA Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Sukabumi, Dudung Koswara menekankan kepada Pemerintah Kota Sukabumi saat proses pemilihan Dewan Pendidikan Kota Sukabumi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi untuk mencari dewan pendidikan yang mampu memberikan perubahan untuk kemajuan dunia pendidikan di Kota Sukabumi. Ia menilai idealnya Ketua Dewan Pendidikan itu terlahir dari ahli pendidikan yang memiliki kapasitas yang mumpuni sehingga mampu memberikan kontribusi yang sehat kepada Walikota Sukabumi. “Saya inginkan adanya perubahan ke arah yang lebih baik dengan adanya dewan pendidikan yang tengah digojlok oleh pemerintah ini,” jelas Dudung kepada wartawan.
Lebih lanjut Dudung menjelaskan, fungsi dewan pendidikan itu memberikan masukan, arahan, solusi kepada Walikota Sukabumi. Sehingga keberadaan dewan pendidikan ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Sukabumi. “Ketika walikota mengeluarkan sebuah kebijakan, itu sudah menjadi kebijakan terbaik yang merupakan pertimbangan matang setelah mendapatkan masukan dari dewan pendidikan dan organisasi profesi guru,” sahutnya.

Menjadi ketua dewan pendidikan itu tidak hanya pintar dan mempunyai gelar yang tinggi tutur Dudung. Akan tetapi tidak bisa bekerja. Melainkan orang-orang yang sederhana tapi mau bekerja dan mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap dunia pendidikan. “Sarjana pun cukup asal mau bekerja dan berpikir akan pendidikan Kota Sukabumi, mereka mempunyai pemikiran cemerlang dalam meningkatkan pendidikan,” tukasnya.

Tak hanya itu, dewan pendidikan ini merupakan hak preriogratif kebijakan pak Walikota Sukabumi. Namun tetap saja Dudung berharap dalam penunjukannya tidak ada unsur politis tapi tetap mengedepankan kemampuan dan kapasitas seorang pemimpin di dewan pendidikan. “Saya berharap jangan dipolitisasi tetap mengepankan profesionalisme,” katanya.

Sementara jika melihat kinerja dewan pendidikan lama, Dudung menilai kinerjanya yang dilakukan kurang maksimal. Kini dengan ada pergantian baru, Wali Kota Sukabumi harus bisa secara cermat untuk memilih dewan pendidikan. “Saya berharap dengan dewan pendidikan yang baru, bisa mampu bersinergis dan proaktif dengan instansi, lembaga dan organisasi lainnya. Dengan tujuan menciptakan perubahan dunia pendidikan Kota Sukabumi ke arah yang lebih baik,” pungkasnya.(sukabumizone.com)

Comments are closed.