Pesawat Sederhana dari Benda-benda yang Biasa Digunakan

oleh -449 views
Berbagai jenis pesawat sederhana yang akan didiskusikan(prioritaspendidikan.org)
Berbagai jenis pesawat sederhana yang akan didiskusikan(prioritaspendidikan.org)
Berbagai jenis pesawat sederhana yang akan didiskusikan(prioritaspendidikan.org)

MANUSIA dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya dimudahkan dengan berbagai alat bantu dan teknologi. Mulai dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Alat bantu yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia tersebut disebut dengan pesawat sederhana.

Ada bermacam-macam pesawat sederhana dengan keuntungan mekanik masing-masing. Katrol berguna untuk menarik beban, roda berporos untuk mempercepat gaya, bidang miring untuk membagi jarak kuasa dengan jarak beban atau memperpendek jarak, dan pengungkit yang keuntungan mekaniknya dapat dihitung dengan membagi panjang lengan kuasa dengan panjang lengan beban.

 

Setelah menjelaskan secara singkat kepada siswa dengan menggunakan proyektor tentang aneka jenis pesawat sederhana, para siswa saya ajak menanggapi gambar-gambar sederhana yang sudah saya tampilkan pada powerpoint tersebut dan mengaitkannya dengan permasalahan sehari-hari tentang penggunaan pesawat sederhana. Agar pemahaman siswa lebih mendalam, saya memberikan tugas kelompok kepada siswa. Siswa dibagi atas tiga kelompok, kelompok Joule, Kelompok Newton, dan Kelompok Boyle. Masing-masing kelompok diberikan tugas yang berbeda.

Kelompok Newton bertugas menuliskan berbagai kegiatan sehari-hari yang menggunakan pesawat sederhana, menyebutkan alat bantu, dan jenis pesawat sederhana yang digunakan. Berikut contoh kunci jawaban untuk kelompok Newton.

kunci

Hasil diskusi kelompok ini kemudian dipresentasikan. Kelompok lain dipersilahkan memberikan tanggapan, bantahan, pertanyaan atau tambahan jenis kegiatan lainnya yang menggunakan pesawat sederhana. Dengan menggunakan cara ini siswa akan semakin bersikap kritis dan mengamati lingkungannya. Mereka juga bisa memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya terhadap ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari.

Sedikit mirip dengan Kelompok Newton, Kelompok Boyle diminta mengerjakan tugas menggunting kertas-kertas bergambar tentang berbagai kegiatan sehari-hari yang menggunakan pesawat sederhana lalu menempelkannya pada kertas karton. Mereka bertugas mencari tau dan menuliskan jenis pesawat sederhana yang digunakan pada kegiatan tersebut. Seperti Kelompok Newton, Kelompok Boyle juga mepresentasikan hasil diskusi mereka untuk kemudian ditanggapi oleh kelompok lainnya.

Sedangkan Kelompok Joule, mereka mengerjakan praktek membuat pesawat sederhana dengan membuat pesawat sederhana model sekrup. Kelompok ini membawa paku 2 inch/lidi, gunting, kertas karton dan lem. Paku atau lidi yang sudah mereka bawa kemudian diletakkan di atas kertas karton berbentuk segitiga dan digulung hingga mencapai ujung kertas. Ujung karton tersebut kemudian direkatkan hingga menjadi model sekrup. Mereka kemudian menyimpulkan hasil pengamatan praktek mereka dan mengkomunikasikan hasil pengamatan tersebut dalam bentuk presentasi di depan kelas.
Dengan model belajar sepeti ini, siswa akan lebih mudah memahami tentang pesawat sederhana dan memberikan perhatiannya kepada pelajaran.(prioritaspendidikan.org)

Oleh: Vivi Desfita, S.Pd, M.Si, Guru IPA Kelas VIII, SMP Negeri 1 Stabat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.