Pesan Mendikbud di Hari Pertama Sekolah

oleh -3 views
Mendikbud Anies Baswedan.(antaranews.com)
Arrief Ramdhani
Mendikbud Anies Baswedan.(antaranews.com)
Mendikbud Anies Baswedan.(antaranews.com)

HARI ini pelajar Indonesia dari semua jenjang pendidikan memulai hari pertama sekolah tahun ajaran 2015/2016. Sebagai pembuka, mereka pun berkumpul bersama di halaman sekolah untuk mengikuti upacara bendera dan mendengarkan pesan Mendikbud Anies Baswedan.

Pesan tersebut dibacakan oleh kepala sekolah di masing-masing institusi yang dipimpinnya. Dalam pesannya, Mendikbud Anies Baswedan menyatakan, barisan para siswa saat upacara bendera menunjukkan barisan anak bangsa yang sedang bergerak bersama mendorong kemajuan dan menyongsong masa depan gemilang untuk Indonesia.

banner 728x90

“Bagi para siswa semua yang saya cintai dan banggakan, di tahun ajaran baru ini, perbaruilah semangat kalian. Belajarlah dengan kesungguhan. Tuntaskanlah setiap pelajaran, terlibatlah dalam kegiatan- kegiatan di sekolah, berlatihlah untuk bisa memimpin dan dipimpin,” ujar Anies, dalam sambutan tertulisnya, seperti dikutip dari laman Kemendikbud, Senin (27/7/2015).

Anies mengimbuhkan, sebagai pemilik masa depan Tanah Air, seluruh pelajar Indonesia harus menjalani perjuangan keras yang dimulai dari bangku sekolah.

“Pesan saya adalah tinggikan mimpimu, cita- citamu, lalu kerja keraslah, berdoa dengan kesungguhan lalu targetkan pada dirimu bukan hanya berusaha untuk meraih cita-citamu, tapi kalian harus bisa melampaui cita-citamu itu,” imbuhnya.

Mantan rektor Universitas Paramadina itu juga mengingatkan para kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan tentang pentingnya menjaga amanah dalam mendidik, mencerdaskan dan mencerahkan para siswa. Di saat yang sama, Anies, menekankan pentingnya fungsi upacara bendera setiap Senin pagi.

“Jangan biarkan upacara setiap Senin ini menjadi sekadar kegiatan seremonial, tapi harus menjadi wahana bagi seluruh warga sekolah untuk berinteraksi secara reguler dan menjadi wahana bagi Kepala Sekolah untuk memberikan paparan dan arahan bagi seluruh warga sekolah secara rutin,” tuturnya.

Mendikbud sendiri pagi ini melakukan peninjauan pelaksanaan hari pertama MOS di SDN Lebak Bulus 01, 06 dan 07 Pagi. Dia pun menyampaikan pesan kepada seluruh peserta didik di sekolah tersebut.

“Jangan hanya berpikir mau jadi apa, tetapi membuat apa. Belajar yang rajin. Jangan absen sekolah, kecuali sakit. Ikut kegiatan. Taat pada orangtua dan guru. Insya Allah nanti sukses dan membanggakan kita semuanya,” tuturnya. (news.okezone.com)