Pertemuan Orangtua Siswa dan Sekolah Idealnya Tiga Bulan Sekali

oleh -16 views
Ilustrasi (edukasi.kompas.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (edukasi.kompas.com)
Ilustrasi (edukasi.kompas.com)

PAKAR pendidikan Agus Mulyadi menyatakan, pertemuan tatap muka antara sekolah dengan orangtua siswa seharusnya dilakukan setiap tiga bulan sekali ditambah dengan pertemuan awal tahun ajaran baru dan penerimaan raport.

“Minimal empat kali dalam setahun ada pertemuan orangtua siswa dengan sekolah untuk membahas pendidikan anak sekaligus permasalahan yang terjadi,” kata Agus dalam seminar pendidikan yang diikuti 1.000 guru TK dan PAUD di Hotel Grand Aquila, Minggu (29/11) yang diadakan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Pendidik dan Kependidikan TK dan Pendidikan Luar Biasa (P4TKTKPLB).

banner 728x90

Sedangkan widyaiswara P4TKTKPLB, Yaya Kurnia mengatakan, keluarga ibarat sebuah tim olahraga yang harus bekerja sama dan saling mendukung untuk mencapai sebuah target atau tujuan. “Pendidikan juga bisa dilakukan kakak terhadap adiknya bahkan pembantu juga harus dilibatkan. Orangtua seharusnya melatih pembantu sehingga memiliki ilmu pengasuhan sehingga tak sebatas urusan dapur atau kebersihan rumah,” katanya.

Pola asuh di keluarga, kata Yata, dibangun berdasarkan kesadaran dan komitmen bersama. “Orangtua hendaknya memiliki ketrampilan berkomunikasi yakni keterampilan berpikir, kerterampilan berbicara, ketrampilan