Pertama di Indonesia, Smart Digital Classroom

oleh -2 views
WALI Kota Bandung, Ridwan Kamil saat menjadi pengajar pertama di "Smart Digital Classroom" yang diresmikan, Kamis (7/8/2014) sebagai upaya percepatan proses pendidikan di kota Bandung yang juga merupakan kota berbasis IT.(pikiran-rakyat.com)
Arrief Ramdhani
WALI Kota Bandung, Ridwan Kamil saat menjadi pengajar pertama di "Smart Digital Classroom" yang diresmikan, Kamis (7/8/2014) sebagai upaya percepatan proses pendidikan di kota Bandung yang juga merupakan kota berbasis IT.(pikiran-rakyat.com)
WALI Kota Bandung, Ridwan Kamil saat menjadi pengajar pertama di “Smart Digital Classroom” yang diresmikan, Kamis (7/8/2014) sebagai upaya percepatan proses pendidikan di kota Bandung yang juga merupakan kota berbasis IT.(pikiran-rakyat.com)

TELKOMSEL Regional Jawa Barat bersama SMAN 3 Bandung, meresmikan //Smart Digital Classroom//, Kamis (16/8) di Gedung Serbaguna SMA, 3 Bandung. Sebelum peresmian, GM Sales Region Jabar Hasan Kurdi menandatangani perjanjian kerja sama dengan Kepala Sekolah SMAN 3 Bandung Encang Iskandar.
”Smart digital classroom ini, pertama kali ada di Indonesia. Kami, memilih SMAN 3, karena masih jadi sekolah unggulan dan favorit se-Jabar,” ujar GM Sales Region Telkomsel Jabar, Hasan Kurdi kepada wartawan.

Menurut Hasan, saat ini dunia pendidikan telah memasuki era baru dengan memanfaatkan teknologi. Semua hal, bisa dilakukan oleh civitas akademika dengan bantuan teknologi ini. Yakni, dari mulai //mobile learning//, akses beragam bahan ajar via internet, e-books, dan memantau absensi siswa berbasis SMS.

”Bahkan visualisasi berbagai rumus serta soal eksak akan sangat mudah dengan bantuan teknologi,” katanya.

Hasan menjelaskan, //Smart Digital Classroom// merupakan suatu konsep rancangan alternatif interaksi pembelajaran antara guru dan siswa dengan memanfaatkan internet yang terintegrasi di lingkungan sekolah. Sehingga, diseminasi pendidikan berjalan lebih efektif dan efisien.

”Di Smart Digital Classroom ini, proses mengajar-belajar akan direkam secara digital. Jadi, siswa akan mudah men-download bahkan bisa di download secara nasional,” katanya.

Telkomsel, kata dia, memfasilitasi SMAN 3 Bandung berupa interactive touchscreen 88 inch, smart teacher desk, perpustakaan dalam school server dan internet school area.

”Dengan semua fasilitas ini, maka pembelajaran bisa //interactive and engaging//, mobile learning, friendly user, dan intructional digital antara siswa dan guru,” katanya.

Menurut Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, //Smart Digital Classroom// ini  merupakan transformasi pendidikan berbasis teknologi. Karena, dengan teknologi akan memudahkan dan membuat menarik pembelajaran.

”Mudah-mudahan, fasilitas ini bisa menjadi percontohan nasional. Karena, fasilitas seperti ini pertama di Kota Bandung,” kata pria yang akrab disapa Emil.

Menurut Emil, semua sekolah di Kota Bandung bisa ikut menggunakan fasilitas ini. Ke depannya, Pemkot Bandung akan mengevaluasi sukses atau tidaknya fasilitas ini. Kalau sukses, bisa saja Pemkot akan membuat layanan serupa di sekolah lain.(republika.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.