Perpustakaan ITB Jatinangor Selenggarakan Seminar dan Pameran Buku

oleh -2 views
Perpustakaan ITB Jatinangor Selenggarakan Seminar dan Pameran Buku.(itb.ac.id)
Arrief Ramdhani
Perpustakaan ITB Jatinangor Selenggarakan Seminar dan Pameran Buku.(itb.ac.id)
Perpustakaan ITB Jatinangor Selenggarakan Seminar dan Pameran Buku.(itb.ac.id)

KEGIATAN dalam meningkatkan minat baca harus selalu dilaksanakan dalam rangka melanjutkan minat baca masyarakat yang berkesinambungan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Perpustakaan ITB Jatinangor mengadakan seminar sehari pada harinya (10/05/14) dan pameran buku pada harinya (10-16/05/14). Seminar sehari tersebut merupakan seminar teknik penulisan artikel ilmiah dan pemanfaatan database online e-journal serta e-book. Selain untuk memperkenalkan mahasiswa dan civitas akademika lainnya mengenai penulisan artikel, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat baca terhadap buku yang memiliki nilai sejarah, budaya, agama, dan ilmu pengetahuan.
Kegiatan ini diikuti sekitar 70 orang dari mahasiswa, dosen, serta staf laboratorium komputer dan pustakawan. Perpustakaan ITB Jatinangor menyadari bahwa perlunya sosialisasi agar informasi yang tersedia di oeroustakaan tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal. Sehingga fungsi perpustakaan bisa terwujudkan, yaitu sebagai penyedia informasi dan pelestarian kebudayaan yang koleksinya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan, penelitian, serta menambah pengetahuan. Perpustakaan ini juga menyediakan fasilitas referensi yang perlu disosialisasikan agar dapa dimanfaatkan.

Prof. Ir. Tarkus Suganda sebagai pembicara dalam seminar sehari ini menjelesakan mengenai teknik penulisan artikel ilmiah. Dalam seminar tersebut juga dijelaskan mengenai layanan terintegrasi oeh Perpustakaan ITB Jatinangor mengenai pemanfaatan e-book dan e-journal. Dibutuhkan untuk menumbuhkan budaya menelusuri dan membaca e-journal serta e-book di lingkungan Kampus ITB Jatinangor. Melalui e-book dan e-journal, mahasiswa dan dosen mampu mencari referensi lebih praktis dalam pengerjaan tugas maupun dalam membuat sebuah penelitian. Apalagi, Dikti telah mengikat kontrak kerjasama dengan penyedia jasa e-journal ilmiah internasional. Sehingga civitas akademika bisa mengakses dengan referensi yang lebih luas dan secara gratis.

Sesuai dengan tujuannya, pada pameran yang berlangsung selama 7 hari tersebut juga dipamerkan buku yang memiliki nilai sejarah, budaya, dan agama selain buku ilmu pengetahuan seperti buku fisika dan matematika teknik. Diharapkan kegiatan tersebut dapat mencapai tujuannya yaitu meningkatnya budaya membaca buku maupun membaca e-journal dan e-book sehingga dapat meningkatkan pengetahuan serta meningkatkan budaya menulis. Selain itu, juga diharapkan mampu membentuk mahasiswa yang cerdas dan kritis dari ilmu pengetahuan yang didapat dari membaca.(itb.ac.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.