Perpus ITS Raih Akreditasi A

oleh -1 views
Foto: dok. ITS.
Arrief Ramdhani
Foto: dok. ITS.
Foto: dok. ITS.

TERNYATA bukan hanya program studi (prodi) atau universitas saja yang bisa mendapat label akreditasi. Perpustakaan yang menjadi fasilitas penunjang dalam sebuah perkuliahan juga bisa meraih akreditasi.

Contohnya saja perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Pada April lalu, perpustakaan kampus di bawah pimpinan Tri Yogi Yuwono itu meraih akreditasi A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Menurut Kepala Perpustakaan ITS Mansur Sutedjo, raihan predikat A itu berkat berbagai perubahan yang dilakukan pihak perpustakaan. Baik dari segi fasilitas, pelayanan, maupun keterlibatan perpustakaan ITS dalam organisasi dan kegiatan internasional.

“Bersyukur karena ini pertama kalinya perpustakaan kami mendapat nilai A. Banyak kemajuan yang membuat perpustakaan ITS mendapat hasil yang memuaskan. Mulai dari fasilitas membaca, internet, dan masih banyak lagi. Saat ini, keadaan di perpustakaan berubah menjadi tempat yang nyaman bagi para pengunjung,” tutur Mansur, seperti dikutip dari ITS Online, Jumat (9/5/2014).

Dia menambahkan, hasil positif itu tidak semata-mata diraih oleh pihak perpustakaan. Pimpinan dan para karyawan lainnya yang senantiasa bersama-sama melaksanakan berbagai pembenahan membantu pencapaian nilai memuaskan tersebut.

“Alhamdulillah kami merupakan anggota dari Indonesia Development Information Service (IDIS) World Bank. Dari kerja sama itu, kami mendapat berbagai macam bantuan fasilitas yang ada di perpustakaan, seperti koleksi buku, fasilitas corner untuk akses informasi, ruang diskusi, dan lain sebagainya,” paparnya.

Tidak hanya kerja sama dengan berbagai pihak, perpustakaan ITS pun menambahkan kapasitas server di perpustakaan digitalnya atau sering dikenal dengan nama ITS Digital Repository. Mansur menambahkan bahwa kapasitas perpustakaan digital dinaikkan menjadi tiga tera.

“Jadi, koleksi e-journal kami terus bertambah dan bisa diakses oleh semua mahasiswa ITS. Kami mengajak seluruh warga ITS untuk senantiasa datang ke perpustakaan yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas ini,” imbuh Mansur.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.