Permen Jelly Camcau, Yummy!

oleh -2 views
Tim mahasiswa UNY pembuat permen jelly camcau. (Foto: dok. UNY)
Arrief Ramdhani
Tim mahasiswa UNY pembuat permen jelly camcau. (Foto: dok. UNY)
Tim mahasiswa UNY pembuat permen jelly camcau. (Foto: dok. UNY)

MINUM es cincau saat cuaca panas pasti enak. Selain dapat langsung menyegarkan tenggorokan, cincau juga berkhasiat pada kesehatan.
Sayangnya, jika hanya diolah sebagai minuman, cincau atau camcau hanya dapat bertahan selama satu hingga dua hari. Nah, supaya lebih awet, sekelompok mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Yogyakarta (UY) pun mengolah tanaman asli Asia Tenggara bernama latin Cylea barbata ini menjadi permen. Yummy!

Adalah Ami Nurhayati, Iwuk Wijayanti dan Ervina Rahayu Setiawati dari prodi Pendidikan Bahasa Jerman serta Ana Risqiana Putri dari prodi Pendidikan Bahasa Jawa Bahan yang memanfaatkan camcau hijau sebagai bahan baku pembuatan permen jelly camcau. Tanaman ini kaya akan karbohidrat, polifenol, saponin, flavonoida, lemak, vitamin A dan B, kalsium maupun fosfor. Kandungan tersebut dipercaya dapat membantu kita  menyembuhkan radang lambung, demam dan tekanan darah. Bahkan, menurut Ami Nurhayati, kandungan serat yang cukup tinggi dalam camcau juga bisa membantu menyembuhkan penyakit degeneratif seperti jantung koroner.

“Terdapat 6,23 gram per 100 gram kandungan serat kasar di dalam camcau hijau. Jika dikonsumsi dengan buah dan sayur, maka dapat mencukupi kebutuhan serat harian sebesar 30 gram,” kata Ami, seperti dinukil dari laman UNY, Senin (12/8/2013).
Iwuk menambahkan, daun camcau hijau juga bermanfaat membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen penyebab kanker. Senyawa lain seperti isokandrodendrin dipercaya mampu mencegah sel tumor ganas.

“Sementara itu, akarnya yang mengandung pati, lemak dan alkaloid cycleine yang mampu mengobati demam dan sakit perut,” Iwuk mengimbuh.

Permen jelly camcau dibuat dengan menggunakan daun camcau, bubuk agar-agar, gula pasir, garam dapur halus, vanilli, air mineral, minyak sayur dan buah-buahan. Satu kilogram daun camcau yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda dicuci dan digiling menggunakan blender, kemudian disaring untuk diambil sarinya sebanyak 18 liter.

Sementara itu, 5 kg buah yang akan dicampurkan dengan sari camcau dicuci, digiling dengan blender, dan disaring untuk diambil sarinya sebanyak 6 liter. Hal ini dilakukan untuk setiap jenis buah yang akan digunakan sebagai campuran.

Tahap selanjutnya adalah memasak 18 liter sari daun camcau tadi dengan 140 gram serbuk agar-agar.  Kemudian, tambahkan 4,5 kg gula pasir dan 30 gr garam ke dalam adonan sambil terus diaduk hingga mendidih.

Masukkan adonan camcau yang sudah mendidih ini ke dalam tiga panci, masing-masing sebanyak 6 liter. Tambahkan 6 liter sari buah dan aduk rata sambil diberi bubuk vanili. Setelah itu, masukkan adonan setinggi 3 cm ke dalam loyang yang sudah dilapisi minyak sayur.

Dinginkan adonan hingga uap panas hilang dan adonan mengeras. Untuk menghilangkan kandungan panas, jemur adonan di bawah terik matahari. Adonan yang sudah kering kemudian dipotong dengan ukuran 1x2x1 cm.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.