Perluasan Akses Pendidikan: Kemdikbud-Tanoto Foundation Berikan 230 Beasiswa

oleh -5 views
kemdikbud.go.id
Arrief Ramdhani
kemdikbud.go.id
kemdikbud.go.id

LAPORAN Akuntabilitas Kinerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Tahun 2012 mencatatkan terdapat peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi untuk penduduk usia 19-23 tahun, yaitu dari 17 persen di tahun 2007, menjadi 30 persen di tahun 2012. Artinya, jumlah persentase lulusan sekolah menengah yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi menjadi lebih besar.

Faktanya, terdapat kendala ekonomi untuk mengakses PTN. Sedangkan, pemerintah mencatatkan terdapat bonus demografi di tahun 2020-2030. Maksudnya, sebanyak 70 persen populasi Indonesia akan berada pada usia angkatan kerja (15-64 tahun) di tahun tersebut.  Disinilah peningkatan akses, dan kualitas pendidikan semakin mendesak untuk ditempuh.

Demikian pernyataan tersebut disampaikan Anggota Board of Trustees Tanoto Foundation Imelda Tanoto saat memberikan sambutan penandatangan nota perjanjian kerjasama pemberian beasiswa antara Kemdikbud-Tanoto Foundation, di Komplek Kemdikbud, Jakarta, hari ini (21/10).

Nota perjanjian antara Kemdikbud-Tanoto Foundation berisikan kerjasama pemberian beasiswa sebanyak 230 bagi mahasiswa berprestasi, dari sembilan mitra perguruan tinggi negeri. “Untuk periode 2014/2015, kami menambah jumlah perguruan tinggi menjadi 9 PTN, dari tujuh mitra PTN di tahun sebelumnya” ujar Ketua Pengurus Tanoto Foundation Sihol Aritonang kepada tim peliput Kemdikbud.

Adapun kesembilan PTN itu adalah Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Indonesia, Universitas Jambi, Universitas Mulawarman, Universitas Riau, dan Universitas Sumatera Utara.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M.Nuh mengungkapkan apresiasi terhadap kerjasama pemberian beasiswa ini. “Kami sangat berterimakasih kepada pihak lain (selain pemerintah) yang turut serta berperan meningkatkan akses dan kualitas pendidikan,” ujarnya.

Mendikbud Afirmasi Penerima Beasiswa.
Ditemui seusai penandatanganan nota kesepahaman pemberian beasiswa, Mendikbud Nuh menyempatkan diri untuk menyapa para mahasiswa penerima beasiswa. Mereka berasal dari ketujuh PTN mitra.

Sinta, salah satu penerima beasiswa yang berkuliah di Universitas Indonesia, menceritakan prestasi Indeks Prestasi Kumulatif yang diperoleh, yaitu 3,65. Dia sekarang berada di semester tiga program studi Ilmu Komunikasi.

“Wah, bagus ya! Tetap semangat ya berprestasi,” ujar menteri Nuh.

Beasiswa itu untuk menyemangati siswa agar semakin berprestasi. “Jadi, kami berharap para siswa disini d apat lebih berprestasi ya,” tutupnya saat mengafirmasi siswa yang hadir pada acara tersebut.(kemdikbud.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.