Pergelaran Budaya Hiasi Acara Pembukaan OSN SD/MI 2013

oleh -5 views
kemdiknas.go.id
Arrief Ramdhani

 

kemdiknas.go.id
kemdiknas.go.id

PULUHAN siswa siswi sekolah dasar (SD) meramaikan acara pembukaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SD/MI 2013. Siswa siswi tersebut merupakan pelajar dari beberapa sekolah dasar di Jawa Barat. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan (Wamendik), Musliar Kasim, yang datang untuk membuka acara ini bangga dengan penampilan seni tersebut.

“Kalau teman-teman dari negara tetangga melihat (pergelaran budaya) ini, mereka pasti kagum dan iri dengan bangsa kita,” kata Wamendik saat memberi sambutan pembukaan OSN SD/MI 2013, di Hotel Grand Pasundan, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/6).

Saat kedatangannya di pintu masuk aula Malibu di Hotel Grand Pasundan, Wamendik dan rombongan disambut dengan Tari Merak dan Ki Lengser. Lengser adalah tokoh sunda untuk orang tua yang humoris dan sayang kepada anak muda. Biasanya tokoh Ki Lengser muncul di acara penyambutan tamu atau pengantin pria dalam sebuah acara pernikahan. Dalam rangkaian tari tersebut juga terdapat para ponggawa dan para penari merak, serta pembawa payung.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Wahyudin Zarkasyi, penari-penari cilik ini tidak membutuhkan waktu lama mempersiapkan diri untuk tampil dalam acara ini. Sehari-hari di sekolah, para siswa telah dilatih dan disiapkan untuk tampil sewaktu-waktu. “Sekolah sangat mandiri dan ekskulnya juga berjalan dengan baik, jadi persiapan tampil ini hanya dua hari,” kata Wahyudin usai acara pembukaan.

Selain tari merak dan Ki Lengser, siswa-siswi terampil ini juga menampilkan atraksi lain, seperti tari Bajidor dan pertunjukan seni musik, Angklung. Dengan diiringi alat musik gitar dan gendang, irama mengalun dari angklung-angklung yang dimainkan oleh lebih dari 30 siswa SD. Acara pembukaan selesai pada pukul 11.30 WIB. Selanjutnya peserta olimpiade dan para pendamping kembali ke kamar masing-masing untuk persiapan kompetisi esok hari.(kemdiknas.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.