Perda Pendidikan Cimahi Jadi Berbasis Akidah dan Karakter

oleh -3 views
Ilustrasi (makmalpendidikan.net)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (makmalpendidikan.net)
Ilustrasi (makmalpendidikan.net)

WALI Kota dan Ketua DPRD Kota Cimahi mengesahkan hasil revisi Peraturan Daerah (perda) No 4/2010 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dalam rapat paripurna yang digelar di ruang Paripurna DPRD Kota Cimahi, Senin (9/6). 

Sejalan dengan hasil pembahasan Panitia Khusus (Pansus) IV, revisi perda tersebut menjadi pencabutan atas Perda No 4/2010 karena hampir 50 persen mengalami perubahan dengan lebih memfokuskan pada penyelenggaraan pendidikan yang berbasis akidah dan karakter.

Ketua Pansus IV yang membahas Perda penyelenggaraan pendidikan, Nurhasan mengatakan pendidikan berkualitas bisa dihasilkan dari sistem dan manajemen pendidikan yang terarah dan terukur demi tercapainya cita-cita bangsa dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Pendidikan ini merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, orang tua dan masyarakat. Bila dikaitkan dengan otonomi daerah maka hal ini menjadi tugas pemerintah daerah (pemda) untuk dapat mewujudkan cita-cita ini,” katanya.

Dalam penyusunan perda tersebut, lanjut Nurhasan, Pansus berupaya membahas secara mendalam dengan mempertimbangkan aspek psikologis, geografis, filosofis dan yuridisnya. Dalam perda ini juga menekankan ciri khas yaitu pelaksanaan pendidikan berbasis akidah dan konsep pendidikan berkarakter.

“Kami perkuat pendidikan agama untuk membentuk karakter siswa. Setelah itu, pendidikan lainnya pasti akan terdorong menjadi lebih baik,” ujarnya.

Untuk itu, ditambahkan Nurhasan, pihaknya meminta Dinas Pendidikan Pemudan dan Olah Raga Kota Cimahi untuk segera mensosialisasikan perda yang baru tersebut.

“Karena keputusan ini berlaku sejak perda ini disahkan,” katanya.(jabar.tribunnews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.