Penyaluran Bidik Misi Melalui Bank Penyalur

oleh -4 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi

TAHUN ini, mekanisme penyaluran beasiswa Bidik Misi akan mengalami perubahan dari realokasi, menjadi melalui bank penyalur. Realokasi merupakan mekanisme penyaluran Bidik Misi dengan melibatkan perguruan tinggi sebagai media penyalur ke rekening masing-masing mahasiswa penerima beasiswa.

Perubahan mekanisme ini ditempuh sebagai implementasi Peraturan Menteri Keuangan No 81/2012, yang mencatatkan semua bantuan sosial harus langsung ke sasaran.

Direktur Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Tinggi (Ditbelmawa Ditjen Dikti) Illah Sailah mengungkapkan penggunaan bank penyalur dapat memperkecil kesalahan penyaluran, sehingga lebih tepat sasaran.  “Rekening penerima itu ada 90 ribu, kalau kita sendiri yang menyalurkan ke rekening itu, maka kemungkinan kesalahan penyaluran lebih besar,” jelas Illah saat ditemui di Jakarta, kemarin sore, Rabu (11/4).

Keputusan pemilihan bank penyalur sudah ditentukan oleh tender. Nantinya, bank yang menang tender itu yang akan menyalurkan ke rekening masing-masing mahasiswa. Sehingga setiap mahasiswa harus membuka rekening baru di bank tersebut.

Illah menambahkan, mahasiswa tidak akan dikenakan biaya awal pembukaan rekening, dan pemotongan biaya administrasi. Harapannya, beasiswa Bidik Misi dapat utuh diterima mahasiswa.

Terkait beasiswa Bidik Misi yang ditalangi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Illah mengatakan akan melakukan konfirmasi terhadap PTN bersangkutan. “Saat ini, kami sudah ada data, dari 32 Perguruan Tinggi Negeri, sebanyak 86 PTN sudah siap untuk ditransferkan,” katanya.(kemdiknas.go.id)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.