Penutupan O2SN 2014, Jawa Barat Juara Umum

oleh -3 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

PENYELENGGARAAN Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2014 telah usai. Penutupan ajang kompetisi olahraga bagi pelajar se-Indonesia tersebut dimeriahkan dengan berbagai penampilan budaya dari pelajar tuan rumah DKI Jakarta. Provinsi Jawa Barat pun diumumkan sebagai juara umum.

Upacara penutupan O2SN 2014 berlangsung di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, pada Jumat malam, (20/06/2014). Acara dibuka dengan kesenian Rampak Gendang yang dipersembahkan pelajar SMAN 8 Jakarta, lalu dilanjutkan dengan Tari Nandak Ganjen, sebuah tarian daerah dari Betawi. Tidak mau ketinggalan, pelajar dari SMAN 39 Jakarta pun unjuk kebolehan dengan menyanyikan beberapa lagu daerah.

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Dalam laporannya, Panitia Nasional O2SN 2014 yang diwakili Andri Gunarso mengatakan O2SN 2014 berlangsung pada 15-20 Juni 2014, dan diikuti 7.780 atlet dari 33 provinsi di Indonesia. Satu provinsi yang belum bisa mengirimkan kontingennya adalah Provinsi Kalimantan Utara.

Sementara dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Lasro Marbun, yang mewakili Plt. Gubernur DKI Jakarta mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak, sekaligus menyampaikan permohonan maaf atas kekurangan pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama menjadi tuan rumah O2SN 2014. Lasro lalu menyerahkan pataka kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Penyerahan pataka tersebut menandai peralihan amanat sebagai tuan rumah O2SN. Tahun depan, O2SN 2015 akan diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan.

O2SN secara resmi ditutup oleh Dirjen Pendidikan Dasar Kemdikbud, Hamid Muhammad. Dalam sambutannya, Hamid mengucapkan selamat kepada peserta yang berhasil menjadi juara. Ia berpesan agar mereka dapat terus membina kecakapan yang dimiliki sehingga bisa berkontribusi lebih dalam pembangunan dunia olahraga di tanah air.

“Kepada pembina, saya pesan agar siswa yang potensinya luar biasa untuk dibina lebih lanjut. Terutama bisa dibina di induk organisasi,” ujarnya.

Upacara penutupan O2SN 2014 diakhiri dengan penyerahan Piala Bergilir Juara Umum. Provinsi Jawa Barat keluar sebagai Juara Umum O2SN 2014 dengan rincian perolehan medali: 27 medali emas, 17 medali perak, dan 12 medali perunggu. Jawa Barat berhasil menggeser posisi Jawa Timur yang telah menjadi Juara Umum dalam O2SN selama enam kali berturut-turut.(kemdikbud.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.