Pengajar dituntut gunakan teknologi terbaru

oleh -2 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
ICT
Ilustrasi

PROSES belajar mengajar dengan konsep interaktif antara siswa dan pengajar dituntut menggunakan teknologi terbaru, agar  bisa meningkatkan produktivitas dalam menyerap  dan mengembangkan ilmu pengetahuan.
“Siswa sudah terbiasa menggunakan perangkat internet dalam belajar atau mengerjakan pekerjaan rumah.  Sebaiknya selama di sekolah, juga telah tersedia perangkat teknologi pendidikan yang dapat mempermudah proses belajar mengajar,” kata Asia Pacific Vice President Promethean International, Emmanuel Pasquier dalam sambutan acara Tech Learning Conference 2013 di Vietnam, Selasa (19/11).

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu, acara konferensi tersebut diikuti  150 pemerhati pendidikan dari Indonesia, Singapura, Tiongkok, Guam, Thailand dan Inggris.

Emanuel mengatakan, dunia pendidikan di dunia terus berubah mengikuti perkembangan jaman. Pengajar dan siswa harus saling interaksi agar informasi pendidikan yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan efisien.  Kemajuan teknologi dipastikan dapat membantu kreatifitas, menyelesaikan masalah hingga adanya kerja sama antara pengajar dan siswa.

“Proses belajar mengajar interaktif antara pengajar dan siswa sudah menjadi model utama pendidikan masa kini.  Dengan teknologi yang terus berkembang, siswa diharapkan semakin mudah mengerti pelajaran yang diberikan oleh pengajar,” ujarnya.

Dengan adanya Whiteboard, lanjut Emanuel, Interactive dari Promethean proses belajar mengajar tak hanya terbatas di dalam ruang kelas, tapi juga bisa berinteraksi dengan berbagai pihak di seluruh bagian belahan dunia. Ilmu pengetahuan saat ini memang sudah berkembang begitu cepat menembus ruang dan waktu.

Whiteboard Interactive Promethean merupakan papan tulis multi fungsi, pemakaiannya menggunanan pen dan sentuhan tangan. Whiteboard Interactive ini menghadirkan teks, gambar, audio, animasi dan video sekaligus dalam waktu bersamaan.

Sementara itu Direktur Utama PT Offistarindo Adhiprima Harry Lo mengungkapkan, acara seminar seperti ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang berhubungan dengan pendidikan, banyak informasi terbaru yang bisa kita ketahui dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Whiteboard Interactive Promethean sedang mengembangkan program sinergi dengan berbagai perangkat teknologi selular. Diharapkan tak lama lagi dapat segera terlaksana.

“Dukungan Pemerintah Indonesia terhadap  perkembangan kemajuan teknologi pendidikan juga sudah diberikan dengan nyata. Berapa sekolah di dalam negeri  sudah mendapatkan Whiteboard Interactive dari Promethean,” katanya.

Tak mau ketinggalan konsultan pendidikan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Husaini Wardi menjelaskan, Kementerian Pendidikan  sudah memberikan skala prioritas dalam pengembangan dan penerapan teknologi pendidikan. Sejumlah sekolah sudah menggunakan Whiteboard Interactive Promethean.(antaranews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.