Penerima Bidik Misi : Siang Kuliah, Malam Menjahit

oleh -3 views
Ilustrasi : penerima bidikmisi (kemdiknas.go.id)
Arrief Ramdhani
kemdiknas.go.id
kemdiknas.go.id

KETERBATASAN ekonomi seringkali menjadi kendala bagi sebagian orang untuk menempuh pendidikan tinggi. Namun, bagi Hikmawati (21) hal ini justru menjadi pelecut untuk berprestasi.  Penerima beasiswa Bidik Misi dari pemerintah ini tidak menyianyiakan waktu dalam hidupnya.

Saat ini dia menempuh kuliah semester 4 pada Jurusan Kimia Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan. Hikmawati, tinggal di rumah kontrakan sederhana. Ibunya, Rahmawati (47) tidak memiliki pendapatan tetap. Penghasilannya dari mengajar privat mengaji hanya Rp 100 ribu per bulan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sementara ayahnya sudah meninggal tahun lalu.  Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dibantu oleh sepupunya.

Selain rajin mengikuti kuliah, setahun belakangan ini Hikmawati bekerja paruh waktu menjahit kerudung.  Satu hari dia bisa membuat dua sampai tiga kerudung. “Setelah kuliah saya kerja menjahit dari sore sampai jam 9 malam,” katanya saat dikunjungi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh di rumahnya di Jalan Kandea II No.91 RT.04 RW 02 Kelurahan Baraya, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (26/06/2013).

Pada kunjungannya, Mendikbud beserta rombongan diterima di ruang tamu yang juga berfungsi  sebagai dapur. Duduk lesehan, Mendikbud disambut hangat oleh Hikmawati,  ibunya, serta tiga adiknya.

Mendikbud mengatakan, meskipun harus menjalani kehidupan yang berat, tetapi  dia meminta agar tetap optimis menjalaninya. “Terus semangat ya, tidak ada kata putus asa,” pesan Mendikbud, yang didampingi oleh Rektor Universitas Hasanuddin Idrus Paturusi.

Sulung dari empat bersaudara ini berasal dari SMA 17 Makassar, salah satu SMA unggulan di kotanya. Sejak SMA dia memang sudah tertarik dengan bidang kimia. “Saya suka mencampur-campur senyawa kimia. Cita-cita saya ingin menjadi ilmuwan,” katanya penuh semangat.

Wakil Rektor III Unhas Nasaruddin Salam mengatakan, jumlah penerima beasiswa Bidik Misi di Unhas sejak 2010 sebanyak 2.300 orang. Dia merinci, pada 2010 sebanyak 500 orang, 2011 sebanyak 750 orang, dan 2012 sebanyak 1.050 orang. “Tahun ini jumlahnya sebanyak 1.500 orang. Jadi total ada 3.800 orang,” katanya.(kemdiknas.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.