Pendidikan Karakter Wajib Dimulai dari Orangtua

oleh -15 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

BICARA mengenai pendidikan tentu sangat luas jangkauannya. Pendidikan itu sendiri bukan hanya yang diberikan sekolah, namun apa yang bisa dihasilkan di masyarakat dari pendidikan tersebut. Karena itu, kewajiban mendidik bukan hanya tugas institusi pendidikan tapi juga keluarga.

Salah satu poin yang kerap dilupakan yakni pendidikan karakter. Pada pendidikan karakter inilah, seorang anak akan dilatih tumbuh menjadi pribadi yang hebat.

“Itulah yang menjadi tanggungjawab orangtua. Mereka harus menyadari bahwa pendidikan bukan hanya akademik yang ada di sekolah, tapi juga pada penumbuhan karakter, seperti budi pekerti, moral dan karakter kerja,” ungkap Dirjen Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kemdikbud, Sukiman di Kemdikbud, belum lama ini.

Keluarga perlu mendidik anak untuk menjadi pribadi mandiri. Karena, pada akhirnya setiap orang diharuskan untuk bisa melayani dirinya sendiri. Selain itu, seorang anak juga harus diperkenalkan pada berbagai aspek kehidupan. Keluarga harus membimbing anak mereka agar bisa paham mengenai kehidupan yang akan mereka jalani.

“Nilai-nilai itulah yang harus ditanamkan oleh keluarga, prosesnya bisa diatur sendiri. Pendidikan karakter di keluarga bisa membantu siswa untuk mampu mandiri,” tegasnya.

Sukiman menambahkan orangtua saat ini mungkin memiliki waktu yang tidak banyak untuk berkomunikasi dengan anak-anak mereka. Namun hal itu tidak berarti para orangtua tidak bisa mengontrol anak-anak mereka.

“Anak sekarang kan sudah memiliki ponsel semua, perhatian-perhatian kecil itu juga bisa disampaikan lewat pesan yang dikirimkan ke anak-anak kita melalui handphone. Kalau memang orangtua tidak memiliki kuantitas waktu yang banyak, pastikan bahwa komunikasi yang dilakukan itu berkualitas,” pungkasnya.(news.okezone.com)