Pendidikan Karakter di Pramuka Pelengkap Pendidikan di Sekolah

oleh -23 views
Ilustrasi (berita.upi.edu)
Arrief Ramdhani
berita.upi.edu
berita.upi.edu

DIREKTUR Pendidikan Khusus Layanan Khusus  Dikdas Mudjito mengatakan, seluruh kegiatan pramuka merupakan  bagian dari  pembinaan karakter, termasuk revolusi mental. Dalam kegiatan pramuka  ditanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa.
Permainan di pramuka, kata Mudjito, berhubungan dengan kebangsaan seperti acara kibar bendera, penyelamatan lingkungan,  daur ulang barang bekas, pembuatan keterampilan, pentas seni, juga pembacaan puisi. Peserta Jambore kali ini terdiri dari ABK  kelas 5,6,7,8,9.

Para peserta, kata Mudjito, berasal dari 34 provinsi yang terdiri dari bermacam-macam  etnis, budaya, agama, dan latar belakang. “Sehingga mereka bisa saling mengenal dan menyayangi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan,”katanya.

Pendidikan karakter dalam pramuka, terang Mudjito, menjadi pelengkap pendidikan  di sekolah. Pendidikan di sekolah banyak  berhubungan dengan aspek  akademik sedangkan pendidikan di pramuka lebih banyak ke pendidikan  sikap dan ketrampilan.

“Anak-anak banyak  beraktivitas di  lapangan. Mereka belajar bekerja sama dengan anak-anak lain dari suku, budaya, latar belakang yang berbeda,”kata Mudjito.(republika.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.