Pendidikan Karakter Bisa Sukses Jika…

oleh -3 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

PENDIDIKAN di sekolah tidak hanya menyangkut pendidikan akademik. Sekolah, juga bertanggung jawab memberikan pendidikan karakter kepada siswanya.

Dean of School of Education Boston University, Prof. Hardin L.K. Coleman, Ph.D mengatakan, pada dasarnya apa yang didapatkan di sekolah akan berpengaruh dengan apa yang siswa lakukan. Hal ini dipengaruhi tiga faktor utama.

“Faktor pertama, yaitu struktural. Secara terlahir atau secara khusus, mereka (siswa) terkait dengan gender mereka dan latar belakang yang mereka miliki seperti agama, keluarga, bahasa dan lain-lain. Kelompok faktor ini bisa menjadi prediksi dalam pendidikan karakter di sekolah maupun di luar sekolah,” ujar Coleman dalam Lecture Character Building and Civic Education di Gedung Guru PGRI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (20/3/2014).

Kelompok faktor kedua bersifat kontekstual. Ia adalah kondisi yang membentuk lingkungan anak-anak. Konteks ini juga termasuk sejauh mana kualitas guru dan kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa tersebut.

“Juga berkaitan dengan kultur sekolah yang kemudian bisa berpengaruh buruk dalam kegiatan belajar siswa. Selain itu, termasuk juga upaya sekolah dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat,” ucapnya.

Kelompok tiga, yaitu faktor-faktor personal. Salah satunya berkaitan dengan regulasi; bagaimana memengaruhi anak-anak dalam belajar. Ini juga berkaitan dengan komponen masyarakat yang berkaitan dengan keterampilan anak-anak.

“Pengaruhnya bisa juga terlihat pergaulan di seluruh kelas dan berkomunikasi secara berkelompok. Faktor-faktor tersebut juga berpengaruh dalam bagaimana siswa bisa belajar dengan efektif,” ungkapnya.

Coleman menambahkan, sukses di sekolah bisa memprediksi keberhasilan siswa di kehidupan mereka. “Semakin baik kultur sekolah semakin baik juga kultur belajar dan berperilaku di sekolah. Ada satu hal penting lagi yaitu kepentingan akademik,” tuturnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.