Pendidikan Efektif Jadi “Vaksin”

oleh -1 views
Ilustrasi (aryansah.wordpress.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (aryansah.wordpress.com)
Ilustrasi (aryansah.wordpress.com)

PENDIDIKAN di Indonesia sudah pasti menjadi hak dasar bagi setiap manusia. Walaupun cakupannya luas, namun pendidikan dinyatakan ampuh mengurangi kemiskinan di zaman globalisasi ini.
“Pemerintah Indonesia menekankan pentingnya pendidikan dengan mengakui itu adalah hak dasar manusia. Peran pendidikan tidak terbatas pada manfaat ekonomi, tetapi lebih luas dari itu, seperti penguatan daya saing nasional, mengurangi kemiskinan, memperkuat demokrasi, dan memastikan bahwa globalisasi menciptakan konvergensi peradaban daripada benturan peradaban,” tukas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, di Jakarta, Sabtu (6/4/2013).

Selain itu, Nuh menjelaskan, pendidikan juga efektif untuk membangun Indonesia. Dalam hal ini, dapat menjunjung nilai-nilai moral dan kreativitas setiap manusia.

“Pendidikan juga efektif sebagai vaksin sosial untuk membangun manusia. Penting untuk memproduksi warga yang ditandai dengan martabat, nilai-nilai moral yang tinggi, identitas pribadi yang kuat, sikap mental yang positif, dan kreativitas,” tukasnya.

Nuh pun menyadari pentingnya peran pendidikan. Untuk itu, Pemerintah Indonesia, di bawah arahan Presiden SBY, telah mengganggap pendidikan sebagai agenda pembangunan prioritas utama. Hal ini terlihat dari komitmen pemerintah yang mengalokasikan 20 persen dari total Anggaran Pendapatan Belanja dan Negara (APBN) untuk pendidikan.

“Komitmen dijamin oleh konstitusi yang menyatakan bahwa pendidikan merupakan salah satu hak asasi manusia dan pemerintah harus mengalokasikan minimal 20 persen dari total APBN untuk pendidikan. Aturan 20 persen diterapkan pada tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten. Ini dianggap sebagai salah satu komitmen kuat terhadap pendidikan yang dibuat oleh negara manapun. Sejak 2009, komitmen ini telah tercermin dalam alokasi tidak kurang dari 20 persen dari APBN untuk pendidikan,” pungkasnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.