Pendaftaran SBMPTN 2014 Telah Dibuka

oleh -8 views
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat kegiatan Peluncuran SBMPTN 2014 di Jakarta, Jumat (21/3) kemarin.(unpad.ac.id)
Arrief Ramdhani
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat kegiatan Peluncuran SBMPTN 2014 di Jakarta, Jumat (21/3) kemarin.(unpad.ac.id)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat kegiatan Peluncuran SBMPTN 2014 di Jakarta, Jumat (21/3) kemarin.(unpad.ac.id)

PENDAFTARAN Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2014 dibuka mulai hari ini, 12 Mei 2014, pukul 08.00 WIB, dan akan ditutup pada 6 Juni 2014, pukul 22.00 WIB. Pendaftaran dilakukan melalui lamanhttps://pendaftaran.sbmptn.or.id. Namun khusus bagi pelamar Bidikmisi yang mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014, pendaftaran baru dapat dilakukan setelah pengumuman kelulusan SNMPTN 2014 pada tanggal 27 Mei 2014, pukul 08.00 WIB.

SBMPTN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis. Selain ujian tertulis, program studi ilmu seni dan keolahragaan juga mempersyaratkan uji keterampilan.

banner 728x90

Mereka yang bisa mendaftar menjadi peserta SBMPTN adalah mereka yang telah lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara, pada tahun 2012, 2013, dan 2014. Bagi lulusan tahun 2012 dan 2013 harus memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara. Sedangkan lulusan tahun 2014 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pas foto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.

Ujian SBMPTN terdiri atas ujian tertulis dan ujian keterampilan. Ujian tertulis berlaku bagi semua peserta, sedangkan ujian keterampilan hanya berlaku bagi peserta yang memilih program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.

Untuk ujian tertulis, peserta dibagi menjadi tiga kelompok ujian, yaitu Saintek (sains dan teknologi), Soshum (sosial dan humaniora), dan Campuran. Materi ujian tertulis yang ada di setiap kelompok ujian adalah Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA). Sedangkan untuk kelompok Saintek ditambah dengan Tes Kemampuan Dasar (TKD) Sains dan Teknologi, untuk kelompok Soshum ditambah dengan TKD Sosial dan Humaniora, dan untuk kelompok campuran ditambah dengan TKD Saintek dan TKD Soshum.

Sementara materi ujian keterampilan untuk bidang Senirupa berupa Tes Menggambar (Bentuk dan Suasana/Ekspresi) serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni. Untuk bidang Seni Tari berupa Tes Tari Bentuk, Tes Kreativitas Tari, imitasi gerak, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara). Untuk bidang Seni Musik berupa Tes Musikalitas, Tes Praktik Instrumen, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara). Kemudian untuk bidang Seni Drama berupa Tes Praktik Monolog, Tes Kreativitas Drama, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara). Sedangkan ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas Tes Kesehatan dan Tes Kemampuan Fisik.

Informasi resmi mengenai SBMPTN dapat diakses melalui laman resmi https://www.sbmptn.or.id.Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui Twitter @SekreSBMPTN, Facebook: www.facebook.com/PanitiaSBMPTNHelpdeskhttps://halo.sbmptn.or.id, dan call center 0804 1 456 456.(kemdibud.go.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.