Pendaftaran SBMPTN 2014 Dibuka 12 Mei

oleh -5 views
Logo SBMPTN
Arrief Ramdhani
Logo SBMPTN
Logo SBMPTN

PENDAFTARAN Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014 mulai dibuka pada 12 Mei hingga 6 Juni 2014 di halaman https://pendaftaran.sbmptn.or.id.Dalam pendaftaran ini peserta dapat memilih maksimal tiga pilihan program studi sesuai kelompok ujiannya, baik itu kelompok ujian Saintek, Soshum hingga campuran dengan catatan dalam salah satu pilihan harus disertakan prodi dari universitas terdekat dari lokasi ujian, jelas Rektor Universitas Andalas (Unand) Werry Darta Taifur di Padang, Sabtu (20/4).

Setelah selesai melakukan pendaftaran dan mendapat nomor ujian, katanya, peserta akan mengikuti ujian pada selasa 17 Juni 2014. Jadwal ini bersamaan dengan pengumuman hasil SNMPTN 2014.Khusus untuk Universitas Negeri Padang (UNP), jelasnya, juga akan ada tes keterampilan bagi calon mahasiswa yang berminat masuk ke jurusan ilmu keolahragaan atau ilmu bidang seni.Ujian keterampilan, katanya, akan dilaksanakan pada 18 dan 19 Juni 2014.

banner 728x90

Dia menjelaskan tes tertulis SBMPTN pada tahun ini memiliki banyak perbedaan dibanding 2013 lalu. Perbedaan yang pertama, terangnya, terkait biaya pendaftaran yang hanya Rp100.000.Jumlah ini, katanya, lebih rendah dari tahun lalu yang mencapai Rp175.000 pada saat pendaftaran.

Pembayaran pendaftaran dilakukan di Bank Mandiri atau Kantor Pos dan melalui ATM bersama.Selain itu, kata Werry, pada pelaksanaan SBMPTN tahun ini juga jadwalnya dipadatkan sehari. Baik itu untuk kelompok Saintek atau IPA, Soshum (IPS) dan campuran (IPC).Di samping itu, tambahnya, materi ujian tertulis pada SBMPTN ini juga hanya terdiri dari dua macam, yakni Tes Kemampuan dan Potensi Akademik serta Tes Kemampuan dasar baik itu untuk Saintek dan Soshum.

Sementara untuk materi bagi kelompok campuran kedua tes kemampuan dasar Saintek dan Soshum tetap diujikan, disamping Tes kemampuan dan Potensi Akademik.”Sama halnya dengan SNMPTN, pendaftaran SBMPTN ini melalui jalur ‘online’ untuk mengisi blanko pendaftaran,” katanya.

Hasil dari ujian SBMPTN dapat diakses di halaman https://www.sbmptn.or.id pada 16 Juli 2014 mulai pukul 17.00 WIB.Guna mempermudah calon peserta untuk mengikuti tes ini, sebutnya, Unand dan UNP melakukan sosialisasi SBMPTN 2014, di Padang, pada Kamis (17/4).”Sosialisasi ini bertujuan memberikan penjelasan sekaligus tata cara mendaftar ke perguruan tinggi melalui jalur tes tertulis kepada masyarakat,” katanya.

Dia berharap pelaksanaan SBMPTN 2014 ini berjalan lancar dan tidak ditemukan suatu kejanggalan, seperti perjokian dan kecurangan lain.”Apabila hal ini masih terjadi, pihak panitia pusat dan Unand akan melakukan tindakan tegas dan pemberian sanksi secara hukum,” tegasnya.(republika.co.id)

 

2 thoughts on “Pendaftaran SBMPTN 2014 Dibuka 12 Mei

  1. Posted on December 9, 2012 at 4:30 amI’m really enjoying the theme/design of your weblog. Do you ever run into any web browser coimttibpliay issues? A number of my blog audience have complained about my website not operating correctly in Explorer but looks great in Firefox. Do you have any suggestions to help fix this issue?

  2. Any alternatives to freezing juice in winter? I don’t have a lot of time during weekdays and I make big batches on Sunday and freeze them in working glasses to take them to work or for breakfast. The stuff takes too long to unfreeze and its still cold once thawed out in the fridge, especially in the winter mornings.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.