Pendaftaran Jalur Non Akademik di Kab. Bandung Berakhir Sabtu (20/6/2015)

oleh -5 views
Ilustrasi : Penerimaan siswa baru smp.(republika.co.id)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi : Penerimaan siswa baru smp.(republika.co.id)
Ilustrasi : Penerimaan siswa baru smp.(republika.co.id)

PENDAFTARAN peserta didik baru untuk jalur non akademik di wilayah Kab. Bandung berakhir pada Sabtu (20/6/2015). Jalur tersebut diperuntukkan bagi siswa yang memiliki prestasi maupun siswa miskin.

Namun, dari pantauan “PR” ke beberapa sekolah jalur non akademik kurang diminati sehingga sekolah favorit juga jumlah pendaftarnya kurang dari 100 orang. “Kuota untuk jalur non akademik sebanyak 20 persen dari jumlah siswa yang akan diterima. Untuk jalur prestasi dan jalur miskin masing-masing sebanyak 10 persen,” kata Kepala SMKN 1 Katapang, Adah Rodiah, di ruang kerjanya, Sabtu (20/6) melalui Kepala SMKN 1 Katapang bidang kesiswaan, Tatat Sudrajat.

banner 728x90

Di SMKN 1 Katapang sampai hari penutupan jumlah pendaftar jalur non akademik sebanyak 52 orang denganb 60 persennya mengambil jalur prestasi. “Biasanya untuk siswa miskin ikut juga di pendaftaran reguler yang akan dimulai pada Rabu (24/6) sampai 30 Juni mendatang,” katanya.

Rencananya SMKN 1 Katapang akan menerima 15 kelas dengan masing-masing kelas maksimal 36 orang atau 540 siswa. “Jumlah 540 siswa itu baik dari jalur reguler maupun non akademik. Untuk jalur reguler berdasarkan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) yang untuk pendaftaran masih memakai SKHUN sementara,” ucapnya.

Salah satu persoalan jalur non akademik di Kab. Bandung berkaitan dengan kurangnya sosialisasi sehingga warga tidak mengetahui adanya jalur ini. “Bahkan warga yang mendaftar anak-anaknya juga banyak yang kembali lagi sebab persyaratan tak sesuai dengan aturan,” ujarnya. (pikiran-rakyat.com)