Pencairan Tunda Guru Honorer Dikelola BMPS

oleh -3 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

PENCAIRAN dana hibah berupa Tunjangan Daerah (Tunda) bagi para guru honorer, akan dilakukan oleh Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS). Distribusi Tunda oleh BMPS pada Senin minggu depan ini masih diragukan oleh sebagian komite dan yayasan sekolah. Hal ini dinyatakan oleh BMPS sendiri saat konferensi pers, Jumat (8/11).

Dalam konferensi pers tersebut, Ketua BMPS Kota Bandung, Moch Said mengatakan setiap guru honorer akan menerima Tunda sebesar Rp 3.155.968 dalam setahun. Setelah dipotong pajak 5 persen, jumlah bersih menjadi Rp 2.998.170. “Saya harap pemberiannya tidak bertahap, untuk menghindari dugaan-dugaan penyelewengan,” ujar Said di Sekretariat BMPS, Jalan Galunggung 9.

Said kembali menjelaskan, pada 4 November BMPS menerima dana Tunda dari pemerintah pusat sebesar 62,1 miliar rupiah. Sedangkan jumlah guru honorer penerima tunda sebanyak 19.677 orang.

Dana Tunda ini tidak langsung diserahkan BMPS kepada para guru honorer, tapi akan disalurkan melalui komite atau yayasan sekolah. Tunda ini baru bisa disalurkan kepada 1.154 komite/yayasan sekolah, sebesar Rp 52.224.958.464. “Jumlah yayasan dan komite di Kota Bandung ada 1.454. Jadi sisanya sekitar 300 komite atau yayasan akan menyusul. Ada beberapa persyaratan yang belum dilengkapi, misalnya penandatanganan MoU,” kata Said.

Distribusi Tunda ini mengalami beberapa hambatan. Salah satunya keraguan komite/yayasan sekolah. Komite sekolah negeri, terutama sekolah favorit, meragukan pembagian Tunda. Mereka ragu karena pembagian dikelola oleh swasta. Hal ini disampaikan Iwan Hermawan, Sekjen Koalisi Pendidikan dalam konferensi tersebut.

Said sendiri mengakui ada beberapa sekolah juga yang bahkan menolak dana tersebut. Mereka takut tenaga honorer mereka akan ditarik atau diambil. Ia berharap sekolah-sekolah yang belum menandatangani MoU, bisa segera menandatangani dan memenuhi persyaratan. Jika tidak, guru honorer di sekolah tersebut tak akan mendapat Tunda. “Namun terhadap kepercayaan sudah diberikan kepada kami, kami sampaikan terima kasih,” ujar Said.(jabar.tribunnews.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.