Pemprov Fokus Inventarisasi Aset SMA dan SMK

oleh -31 views
Ilustrasi (sman2purworejo.sch.id)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (sman2purworejo.sch.id)
Ilustrasi (sman2purworejo.sch.id)

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Jawa Barat tengah fokus pada inventarisasi aset SMA dan SMK di Jawa Barat. Prosesnya terbilang cukup rumit. Pasalnya, ada 726 SMA dan SMK yang asetnya harus disensus satu per satu.

Hasil pendataan sementara, Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi Dinas Pendidikan Jawa Barat Dodin Rusmin Nuryadin mengatakan aset sekolah dikelompokkan menjadi tiga yaitu aset yang clean and clear, aset bangunan yang belum bersertifikat, dan aset yang bermasalah. Dua kelompok terakhir, harus diselesaikan sebelum 2016.

banner 728x90

“Kami akan menyelesaikan masalahnya. Misalnya untuk sekolah yang berada di lahan sengketa, akan diselesaikan sengketanya. Demikian pula dengan lahan yang belum bersertifikat. Kebanyakan yang bersengketa karena berdiri di lahan desa atau pribadi,” ucapnya, Rabu (25/2/2015).

Data lainnya mengungkapkan masih banyaknya sekolah yang kekurangan ruang kelas. Bahkan ada sekolah yang masih menumpang. Untuk itu, pihaknya kini tengah menggenjot pembangunan ruang belajar lebih banyak.

Terkait dananya, Pemrprov Jawa Barat telah mengalokasikannya. Dodin mengatakan perhitungan dananya masih menunggu verifikasi dari Badan Pengawasan dan Keuangan Pembangunan (BPKP). Dodin menyebutkan BPKP lebih kredibel dalam melakukan proses tersebut.(pikiran-rakyat.com)