Pemkab Purwakarta Gandeng UI Bangun SDM

oleh -4 views
Universitas Indonesia
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Universitas Indonesia

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Purwakarta menggandeng Universitas Indonesia (UI) dalam kerjasama pembangunan kompetensi sumber daya manusia (SDM). Kompetensi SDM tersebut terbagi menjadi tiga bidang, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, kerjasama tersebut bertujuan untuk membangun sebuah peradaban yang dimulai dari desa–desa. Melalui kerjasama ini pula, UI akan mendapatkan ruang pengembangan dan penelitian di masyarakat.

banner 728x90

“Kami akan berikan tiga desa untuk menjadi contoh dalam pengembangan sumber daya yaitu Desa Sukamulya, Desa Ciracas dan Desa Nagrog. Ke depan, akan dikembangkan juga ke berbagai desa lainnya di Purwakarta,” ujar Dedi, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (10/2/2015).

Kerjasama ini, kata Dedi, dibutuhkan guna mengoptimalkan pendidikan, pertanian dan penataan lingkungan dengan hasil akhirnya adalah daerah yang berintegritas. Selain itu, kerjasama ini juga bertujuan untuk mewujudkan Indonesia yang berjaya dan membentuk seluruh masyarakat yang sehat, sejahtera, membangun pangan yang kuat, memiliki lingkungan yang kuat serta masa depan yang kuat.

Dedi menjelaskan, kerjasama antara Pemkab Purwakarta dan UI juga akan dibuka dalam bidang pendidikan, pertanian dan lingkungan. Sementara itu, UI UI akan membuka dan mengembangkan kajian tentang budaya Sunda.

Menurut Kepala Kantor Komunikasi UI, Rifelly Dewi Astuti, peningkatan dan pengembangan kompetensi SDM akan dilakukan melalui pendidikan, pelatihan, kegiatan-kegiatan ilmiah, dan pengkajian.

“Selain itu, konsultasi hingga kegiatan digelar budaya khususnya kebudayaan Sunda. Lalu, menjalin kerja sama yang lebih luas lainnya dengan berbagai penyelenggara pemerintahan di daerah Jawa Barat,” tutur Rifelly.(news.okezone.com)