Pemerintah Bentuk Tim Penanggulangan Bersama untuk Berantas Penyelewengan Dana

oleh -11 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani

 

Ilustrasi
Ilustrasi

PEMERINTAH telah membentuk Tim Penanggulangan Bersama untuk memberantas praktik-praktik penyelewengan dana di sektor pendidikan. Tim penanggulangan bersama tersebut melibatkan lintas kementrian dan lembaga.

banner 728x90

Inspektur Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Daryanto menjelaskan tim penanggulangan bersama tersebut terdiri dari KPK, BPKP, Keuangan, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Kemendikbud, Kemenristek Dikti, dan Kementrian Agama. “Tim ini sudah berjalan sejak 2015 lalu, dan sudah berjalan cukup baik. Di tahun ini akan kami lebih tingkatkan lagi pengawasannya,” ujarnya ketika dihubungi “PR”, Rabu, 18 Mei 2016.

Hal tersebut diutarakannya menanggapi hasil pemantauan Indonesia Coruption watch (ICW) terhadap tren penyidikan kasus korupsi sektor pendidikan selama tahun 2006-2015.

Dari hasil pemantauan ICW tersebut diketahui masih banyak praktek penyelewengan dana yang dilakukan di daerah. Adapun lima objek dana yang paling banyak dikorupsi yakni Dana Alokasi Khusus (DAK), dana sarana prasarana sekolah, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), infrastruktur sekolah, dan buku.

Daryanto menjelaskan, dana transfer daerah untuk bidang pendidikan memang telah menjadi hak otonomi daerah dalam bidang pengelolaannya. “Karena dana itu sudah menjadi ranahnya APBD,” tuturnya. Karena itu, menurut dia, yang bisa dilakukan pemerintah pusat untuk ikut melakukan pengawasan salah satunya adalah dengan tim penanggulangan bersama tersebut.( pikiran-rakyat.com)