Pemerataan Guru Sangat Penting

oleh -8 views
Ilustrasi (sdnkranji10.sekolahjuara.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (sdnkranji10.sekolahjuara.com)
Ilustrasi (sdnkranji10.sekolahjuara.com)

PEMERATAAN sebaran tenaga pendidik atau guru menjadi sa­n­gat penting dalam mening­kat­kan mutu pendidikan di berbagai daerah termasuk di Kabupa­ten Tasikmalaya. Sejauh ini terjadi ketidakseimbangan keter­sediaan guru di sekolah. Tak ja­rang sekolah malah kelebihan guru, namun di sisi lain sekolah banyak yang kekurangan guru.

“Ketidakseimbangan distri­busi guru ini menjadi salah satu hambatan dalam pengembang­an keprofesian guru yang berkelanjutan,” kata Penasehat Usaid Prioritas Bidang Manajemen dan Tata Kelola Pendidikan, Mark Heyward, pada Lokakarya Analisis Data Kependidikan Ting­kat Jawa Barat, di Ban­dung, Jumat (19/9/2014).

Lokakarya sendiri dilakukan sejak Rabu (17/9/2014) dan diikuti oleh para prmangku kebijakan di Dinas Pendidikan dari berbagai daerah, termasuk Ka­bupaten Tasikmalaya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, H. Akh­­mad Juhana, ikut dalam kegiatan yang difasilitasi oleh Usaid Priorotas itu.

Kata, Mark, daerah harus me­­miliki regulasi yang jelas un­tuk melakukan pemerataan gu­ru. Pemarataan guru harus di­­laku­kan secara terencana, me­nempuh tahap-tahap sistematis, dan bersifat komprehensif.
“Langkah awal yang harus di­tempuh daerah melakukan ana­li­sa data. Ini menjadi kunci pen­ting dalam melakukan pemera­taan guru,” ucapnya.

Koordinator Usaid Prioritas Jawa Barat, Erna Irnawati mengatakan, sesuai dengan data yang bersumber data pokok pen­didikan, terjadi ketidakme­ra­taan penyebaran guru di Ka­bu­paten/­Kota yang menjadi mit­ra Usaid Priorotas.

Kata dia, terjadi inefisiensi da­lam penempatan guru jika dilihat dati grafik distribusi sekolah menurut rasio siswa dengan rombongan belajar, dan rasio guru kelas dengan rombongan belajar.
“Sebaran guru memang tidak merata, di satu sekolah ada yang gemuk dan di sekolah lain ada yang kurang. Kekurangan guru di sekolah-sekolah yang siswa­nya banyak, menjadi salah satu penyebab strategis rendahnya mutu pembelajaran di sekolah,” katanya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, H Akh­mad Juhana mengatakan, pe­me­rataan guru menjadi kunci untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Tasikma­la­ya. Sejauh ini masih terjadi ketimpangan antara satu sekolah dengan sekolah lainnya.

“Penting kita lakukan peme­ra­taan guru, ini demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Tasik­malaya,” ucapnya.(kabar-priangan.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.