Pemenang OSN akan wakili ke ajang internasional

oleh -5 views
kemdiknas.go.id
Arrief Ramdhani
kemdiknas.go.id
kemdiknas.go.id

PELAJAR Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) yang menjadi pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2014 yang digelar di Padang akan mewakili Indonesia ke ajang olimpiade tingkat internasional.

“Siswa yang menjadi pemenang OSN ini akan menjadi utusan siswa Indonesia ke ajang olimpiade tingkat internasional,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Dasar (Dirjen Dikdas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad saat pembukaan OSN ke-13 di Universitas Putera Indonesia Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (YPTK) Padang, Jumat.

banner 728x90

Ia mengatakan, olimpiade di tingkat internasional telah terjadwal di Kemendikbud.

Olimpiade pertama, katanya, akan dilakukan di Korea, pada Juni mendatang. Sedangkan olimpiade ke dua akan dilaksanakan di Argentina pada bulan Desember 2014.

“Untuk olimpiade di Argentina, agak berbeda. Dimana yang terbaik dalam OSN, akan dilakukan seleksi kembali, sebelum diutus,” ujarnya.

Hamid Muhammad mengatakan, untuk OSN ke-13 yang dilaksanakan di Sumatera Barat tersebut terdapat sebanyak 396 pelajar SLTP yang terseleksi dari 10 Juta siswa, berasal dari 36.000 SLTP yang ada di Indonesia.

Ia berharap, para siswa yang terseleksi dapat memacu prestasi dalam ajang OSN ke-13 itu, sehingga dapat terus meningkatkan kualitas pribadi.

Sedangkan Sumatera Barat sendiri yang menjadi tuan rumah, mengirimkan sebanyak 11 orang pelajar yang berasal dari lima SLTP.

“Sumatera Barat mengutus sebanyak 11 orang pelajar yang terseleksi. Kami mengharapkan hasil yang terbaik dari mereka,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat Syamsurizal.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan sangat mendukung penuh acara tersebut. Dijadikannya Sumbar sebagai tuan rumah ajang pendidikan ini, dinilai sebagai salah satu kehormatan.

Pada bagian lain, OSN tersebut dibagi dalam empat bidang mata pelajaran. Yaitu Fisika, Matematika, Biologi, dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), diselenggarakan sejak 15–21 Mei 2014. Tema yang diusung adalah Pendidikan Untuk Peradaban Indonesia Yang Lebih Unggul.(antaranews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.