Pemenang MTQ Difabel Bisa Masuk PTKIN

oleh -3 views

Kementerian Agama mengafirmasi pemenang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Difabel Tingkat Nasional dengan memberikan beasiswa masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Para pemenang dapat memilih PTKIN yang mereka inginkan.

“Ini adalah kesempatan. Ini adalah apresiasi dari Kementerian Agama,” ujar Sekretaris Jenderal Kemenag, Nizar, saat menutup MTQ Difabel Tingkat Nasional tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Pusat Dakwah Islam Jawa Barat, Selasa (11/1/2022).

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Nizar berharap, acara semacam ini dapat terus dikembangkan. Kemenag akan mencoba menjajaki kemungkinan MTQ Difabel Tingkat Internasional yang dapat diselenggarakan pada tahun 2023. “Kita memang perlu seimbang. Untuk perlombaan cabang olah raga bagi kaum difabel sudah ada, seperti paralimpic. Maka, MTQ juga harusnya ada,” ungkap Sekjen.

Menurutnya, kegiatan ini adalah bentuk pengakuan akan eksistensi saudara kita dari komunitas difabel. Helat ini juga sekaligus menjadi ruang mereka mengekspresikan kemampuannya dalam bidang keagamaan.

“Atas dasar tersebut, maka Pemerintah melalui Kementerian Agama, menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas diselenggarakan kegiatan MTQ Difabel ini. Kegiatan ini adalah bentuk asistensi kita terhadap komunitas disabilitas dalam konteks keagamaan,” ungkap Sekjen.