Pembelajaran Digital Penting Kembangkan Inovasi

oleh -9 views

Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Kapusdatin), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), M. Hasan Chabibie, memaparkan, dalam mewujudkan pembelajaran digital, tak hanya sekadar infrastruktur yang perlu dibangun namun juga aspek kemanusiaan yang akan mengembangkan inovasi.

Hasan meminta pendidik untuk mengawal pendidikan karakter dan nilai-nilai budaya yang perlu diketahui anak-anak bangsa. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bisa menjadi alat bagi pendidik untuk mewujudkan itu.

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

“Pendidikan karakter yang juga menjadi sorotan di pembelajaran digital juga perlu disikapi dengan bijak. Di saat sebagian orang tua meragukan pembelajaran daring dan sebagian guru mengkhawatirkan berkurangnya karakter peserta didik kita, jangan lupa bahwa TIK menyediakan peluang untuk membagikan nilai-nilai positif,” tambah Hasan.

Sumanto Al-Qurtuby, Direktur Nusantara Institute, menjelaskan, TIK saat ini sudah bergeser tak lagi sebatas komunikasi dan informasi menggunakan alat telekomunikasi seperti  perangkat komputer. “Kini TIK telah berubah seiring terjadinya konvergensi media yang kini sudah dalam bentuk gadget. Dalam lebih luas TIK mewadahi seperangkat alat komunikasi termasuk berbagai layanan di dalamnya,” ujarnya.

Sementara budaya dapat didefinisikan sebagai segala yang orang miliki, pikirkan dan juga perilaku sehari-hari. Untuk itu, TIK harus dimanfaatkan untuk menyebarkan budaya-budaya baik. “Karena jika sebaliknya nilai-nilai budaya yang buruk akan kebih dominan di kalangan masyarakat,” imbuhnya.