Pelajar di Cimahi Bakal Masuk Lebih Pagi?

oleh -2 views
Ilustrasi (m.beritajakarta.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (m.beritajakarta.com)
Ilustrasi (m.beritajakarta.com)

SEJUMLAH pihak di Kota Cimahi mewacanakan jam masuk pelajar pada pukul 06.00 WIB. Hal ini dianggap sebagai solusi beberapa masalah, di antaranya fokus belajar dan mengantisipasi kemacetan.
Tokoh Pendidikan Kota Cimahi Asep Rahmat Hidayat mendukung wacana ini. Katanya, masuk sekolah lebih pagi dianggap ideal untuk proses pembelajaran siswa.

“Beberapa sekolah kami memang masuknya dipagikan, maksimal jam 06.30 WIB,” kata pembina Balad Cahaya Foundation ini, kepada INILAH.COM, Selasa (19/11/2013).

Waktu saat ini, jelas Asep lebih cepat dari perkiraan. Pukul 05.00 WIB misalnya, cahaya matahari itu sudah terang, waktu salat subuh juga sekitaran pukul 04.00 WIB.

“Kalau lebih pagi, akan banyak waktu yang bisa dimanfaatkan oleh siswa. Pulang lebih awal bisa dimanfaatkan untuk ekstrakurikuler atau bimbingan belajar,” bebernya.

Seorang guru di Kota Cimahi, Dedeh Solihat (32) juga mendukung wacana tersebut. Dengan masuk lebih pagi, akan terhindar dari kemacetan. Selain itu, belajar lebih pagi akan lebih fresh dan tentunya mengasah kerajinan.

“Gurunya makin rajin, pagi-pagi harus bersiap. Pasti akan menular kepada siswanya juga,” ujarnya saat ditemui di sekitar Alun-alun Kota Cimahi.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Cimahi, Kosasih mengatakan, tingginya volume kendaraan pada waktu berangkat kerja sekitar pukul 07.00 WIB karena pada jam tersebut antara orang yang ingin bekerja dan sekolah bersamaan turun ke jalan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

“Salah satu solusi menghindari kemacetan pada waktu berangkat kerja yakni dengan siswa (SMP dan SMA) berangkat lebih awal. Apalagi mereka kebanyakan menggunakan kendaraan pribadi. Kita wacanakan jika anak siswa masuk jam 06.00 WIB dengan berangkat dari rumah pukul 05.30 WIB dipastikan jalan masih kosong dan tidak akan bentrok,” kata Kosasih.(inilahkoran.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.