Pekan Kreativitas SD di Subang Pertandingkan Olahraga & Seni

oleh -8 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
siswa SD se-Kabupaten Subang yang mewakili sekolahnya mempu menunjukkan kebolehannya memainkan sisingaan.
siswa SD se-Kabupaten Subang yang mewakili sekolahnya mempu menunjukkan kebolehannya memainkan sisingaan.

RATUSAN anak-anak SD dari berbagai kecamatan ikut memeriahkan Pekan Kreativitas Siswa SD se-Kabupaten Subang di Lapang Persikas, Selasa (11/3), yang dibuka Bupati Subang Ojang Sohandi didampingi Wakil Bupati Hj. Imas aryumningsih, dan dihadiri Ketua DPRD Ir. Rudiono, Kapolres serta Dandim Subang.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Subang, Drs. Kusdinar mengemukakan,  Pekan Kreativitas Siswa SD mempertandingkan berbagai bidang, mulai dari seni, olahraga sampai kegiatan akademik. Kegiatan seni yang dipertandingkan di antaranya lomba ngadongeng, rampak sekar, dan “gotong sisingaan” sebagai ciri khas kesenian Subang.

Menurut Kusdinar, kegiatan ini diikuti kelas I sampai Vpekan kreativitas merupakan ajang pemupukan bakat. Melalui kompetisi dapat diketahui kualitas peserta didik dalam bidang seni maupun  olahraga.. Anak-anak yang terpilih sebagai juara, akan menjadi utusan Kab. Subang dalam  Pekan Kreativita tingkat Jabar.

Bupati Subang Ojang Sohandi dalam kesempatan tersebut mengatakan, dalam  Pekan Kreativitas ada tiga peran penting yang harus dipahami setiap aparatur Dinas Pendidikan, yaitu pengajaran, pelatihan dan pengasuhan.

“Pengajaran merupakan cara untuk meningkatakan kecerdasan bagi anak didik.  Kemudiasn pelatihan dimaksudkan agar siswa semakin terampil sesuai dengan potensi yang dimiliknya. Dan pengasuhan, agar siswa memiliki etika dalam pergaulan maupun dalam menjalani kehidupan,” kata Ojang Sohandi.

Dalam kesempatan tersebut Bupati  Ojang mengajak kepada seluruh jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Subang untuk mengikat kebersamaan. “Semua harus bersatu padu, kompak dan tentu saja harus memperlihatkan prestasinya,” ujarnya.

Sebelum pembukaan Pekan Kreativitas dilakukan prosesi seni tari dan gotong sisingaan dengan menampilkan lengser sebagai  pemandu acara. Tamu undangan yang terdiri dari para kepala UPTD, camat dan guru-guru, dibuat tersenyum dan terkekeh-kekeh menyaksikan banyolan sang lengser yang diperankan anak SD.

Para peserta upacara dengan kostum warna-warni mencolok, melakukan defile berdasarkan urutan kontingen peserta dari masing-masing UPTD Pendidikan per-kecamatan. Acara dimeriahkan pula dengan penampilan drumband dari SD di Subang kota. Dan tidak kalah meriah, saat beberapa perwakilan SD menampilkan  atraksi seni sisingaan yang sudah jadi trade mark Kabupaten Subang.*** Teguh M/Biro Subang

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.