PAUD Jadi Prioritas Program PUS Tahun 2013

oleh -0 views
ilustrasi
Arrief Ramdhani
kemdiknas.go.id
kemdiknas.go.id

PENDIDIKAN Anak Usia Dini (PAUD) menjadi salah satu prioritas program Pendidikan Untuk Semua (PUS) pada tahun 2013. Selain itu, pemerintah juga akan memacu program Pendidikan Kecakapan Hidup dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Ketiga program tersebut menjadi prioritas karena pencapaiannya belum memenuhi target.

Ketua Forum Koordinasi Nasional PUS, Agus Sartono menekankan agar seluruh pemangku kepentingan memerhatikan program PAUD. Investasi untuk program tersebut harus dilaksanakan sejak saat ini. Sebab di tahun 2045, atau pada 100 tahun usia kemerdekaan, Indonesia akan mengalami bonus demografi.

Pada periode tersebut, Indonesia akan memiliki banyak pemuda yang penuh potensi. “Calon-calon pemimpin di tahun 2045 adalah anak-anak PAUD saat ini,” ucapnya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional PUS Tahun 2013 di Solo, Rabu (22/5).

Deputi Bidang Pendidikan dan Agama Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Prof. Agus Sartono mengapresiasi berbagai program yang digelar Direktorat Jenderal PAUDNI dalam memperluas akses layanan PAUD. Namun ia mengingatkan, upaya peningkatan mutu layanan harus terus ditingkatkan.

Unggul di Asia Pasifik

Direktur Jenderal PAUDNI, Lydia Freyani Hawadi, mengakui masih banyak anak-anak usia nol sampai enam tahun yang belum menikmati layanan PAUD. Oleh karena itu, ia meminta agar pemerintah daerah meningkatkan alokasi anggaran untuk program PAUD. “Jangan bergantung dengan dana dari APBN,” ucapnya di hadapan peserta yang hadir dari berbagai daerah.

Dalam Education for All Global Monitoring Report, Indeks Pembangunan PUS Indonesia meningkat. Pada tahun 2011, Indonesia berada di peringkat 69 dari 127 negara. Pada tahun 2012, posisi tersebut naik tipis ke posisi 64 dari 120 negara. “Jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia Pasifik, Indonesia lebih unggul,” ucap Agus Sartono.(kemdiknas.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.