PASCH SMAN 7, Ajak Siswa Belajar Budaya Jerman

oleh -1 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
inilahkoran.com
inilahkoran.com

ADA banyak cara sekolah menarik minat siswa berorganisasi. Di SMAN 7 Kota Bandung, ada yang namanya PASCH. Kepanjangan dari Partner Schule. Nama yang singkat dan tak sulit mengucapkannya. Apa itu PASCH?
Selidik punya selidik, PASCH adalah ekstrakurikuler (ekskul) bahasa Jerman. Udin, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 7 mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Jerman melalui Institut Goethe. Dari sanalah, lahir PASCH.

Yang jadi materi dalam ekskul itu tentu belajar bahasa Jerman dan kebudayaannya. Ekskul itu ada sejak 3 Desember 2009.

“Sejak menyelenggarakan kerja sama dengan Jerman, kami jadikan sebagai kegiatan ekskul siswa,” ujar Udin kepada INILAH, di SMAN 7 Bandung, Jalan Lengkong Kecil, Kota Bandung, Rabu (30/10).

Selain itu, kata dia, kerja sama itu bertujuan memahami kebudayaan luar khususnya Jerman serta kaitannya dengan dunia pendidikan. Walhasil, melalui kegiatan itu siswa berpeluang melanjutkan studi di Jerman.

“Hal ini memberikan peluang studi yang lebih maju khususnya dalam dunia pendidikan,” katanya.

Dia menambahkan, animo pelajar terhadap PASCH sangat tinggi. Hal itu terlihat dari banyaknya siswa yang mengikuti program kelas bahasa. Tentunya, kondisi itu akan berpengaruh terhadap jumlah jurusan yang kini menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

Bahkan pada Januari mendatang, 4 siswa rencananya akan diberangkatkan ke Goethe, Jerman dalam rangka studi untuk beberapa waktu ke depan. “Saat ini kelas bahasa hanya 1 kelas dengan jumlah siswa yang relatif sedikit juga,” jelasnya.

Sementara Arviana mengungkapkan, ekskul PASCH tersebut menitikberatkan pada pengenalan budaya dan bahasa Jerman secara keseluruhan. Hal itu berkaitan dengan beberapa kegiatan yang sering diadakan pada musim tertentu seperti Sommercamp dan Wintercamp.

“Ekskul ini memperkenalkan kebudayaan dan bahasa Jerman kepada siswa,” ujar Arviana, selaku pembimbing ekskul PASCH.

Dia menambahkan, kunjungan pelajar atau mahasiswa dari Jerman merupakan salah satu kegiatan rutin yang digelar setiap pekan. Bentuk kegiatan yang diterapkan berupa saling bertukar informasi mengenai kebudayaan dan bahasa.

“Seperti yang hari ini (kemarin) ada 2 tamu PASCH bernama Naome dan Ela. Mereka mempresentasikan kultur remaja di Jerman,” tuturnya.(inilahkoran.com)

One thought on “PASCH SMAN 7, Ajak Siswa Belajar Budaya Jerman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.