Pameran Purbakala Warnai HUT 100 Tahun Lembaga Purbakala

oleh -14 views
Museum Sejarah Jakarta
Arrief Ramdhani
Museum Sejarah Jakarta
Museum Sejarah Jakarta

KESEMARAKAN peringatan 100 Tahun Lembaga Purbakala yang diperingati pada 14 Juni 2013 semakin lengkap dengan adanya pameran purbakala yang diadakan di Museum Sejarah Jakarta (dikenal sebagai Museum Fatahilah). Pameran yang mengangkat tema “Cagar Budaya: Jembatan Menuju Masa Depan Bersama Umat” berlangsung mulai dari 24 sampai dengan 30 Juni 2013.

Selain bertujuan untuk mempublikasikan peringatan berdirinya Lembaga Purbakala Indonesia, pameran ini juga bertujuan  mengkampanyekan pelestarian cagar budaya kepada masyarakat. Demikian dikatakan Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Harry Widianto, saat memberikan sambutannya di halaman Museum Sejarah Jakarta, Senin (24/06).

Pameran ini, menurut Harry, dapat memberikan informasi yang komprehensif atas perkembangan Lembaga Purbakala selama seratus tahun terakhir. “Sumbangsih Lembaga Purbakala terhadap majunya pembangunan bangsa tidak terlepas dari kepemimpinan tokoh-tokoh sehingga sosok mereka juga menjadi nilai yang perlu dihadirkan dalam memori masyarakat di jaman modern ini,” ujar Harry.

Atas nama Kemdikbud, Harry menyampaikan harapannya adanya kerja sama yang semakin erat antara masyarakat, pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah untuk bersama-sama melakukan upaya pelestarian cagar budaya di Indonesia. “Semoga juga kita semua dapat lebih mengapresiasi Lembaga Purbakala sehingga tumbuh kecintaan terhadap dunia purbakala di Indonesia,” harapnya.

Adapun rangkaian peringatan 100 Tahun Lembaga Purbakala diawali dengan penyelenggaraan Seminar “Kebudayaan Indonesia dalam Wilayah Asia dan Pasifik” pada 14 Juni 2013 di Plaza Insan Berprestasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rangkaian kegiatan ini juga disosialisasikan melalui media, khususnya bekerja sama dengan Media Indonesia dan Metro TV. Sebagai rangkaian pamungkas adalah penyelenggaraan pameran ini.(kemdiknas.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.