Orang Pintar Butuh Pendidikan Moral

oleh -4 views
Ilustrasi (solopos.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (solopos.com)
Ilustrasi (solopos.com)

BANYAK orang pintar dari kalangan akademis kurang mempunyai moral. Teramat percuma jika orang pintar tapi pendidikan moralnya minim.

Tokoh Pemuda sekaligus Program & Human Resources Director Global Peace Festival Indonesian Foundation Nadya Pratiwi Tarigan memaparkan, tidak hanya pendidikan akademis saja yang diperlukan, pendidikan moral pun dibutuhkan.

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

“Pendidikan itu bukan cuma bergantung dari pendidikan akademis, karena pendidikan akademis menimbulkan orang-orang pintar tapi kalau misal orang-orang pintar itu tidak disertai dengan moral dan inovatif hatinya itu akan seperti banyak orang-orang yang seperti korupsi dan banyak yang seperti buat teroris,” katanya kepada Okezone, di Newseum Cafe, Jakarta Pusat.

“Mereka bukannya bodoh, mereka itu pintar, akan tetapi mereka bisa seperti itu karena minimnya pendidikan moral dan karakter,” lanjutnya.

Dia menambahkan, dengan adanya pendidikan karakter tidak hanya secara akademis saja, melainkan secara karakter dan moral juga.

“Pendidikan moral dan karakter itu sangat penting, makanya saya sangat amat setuju dengan yang ada namanya character education. Jadi di situ kita bukan cuma dilatih secara akademis saja, tetapi kita juga dilatih secara internal kita seperti karakter kita dan moral kita,” tuturnya.

Nadya menambahkan, untuk menjadi pemimpin nomor satu itu adalah moral, bagaimana hidup untuk orang lain bukan hanya dari brand saja.

“Karena brand itu bisa menciptakan hal-hal negatif seperti yang kita lihat banyak korupsi, banyak teroris dan segala macam. Tapi dengan disertakan moral, kita bisa menciptakan pemimpin yang idealis yang akan memikirkan kepentingan untuk rakyat banyak,” imbuhnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.