Observasi Lapangan Manajemen Berbasis Sekolah

oleh -6 views
kemdikbud.go.id
Arrief Ramdhani
kemdikbud.go.id
kemdikbud.go.id

SEBAGAI upaya untuk mengetahui pelaksanaan manajemen berbasis sekolah (MBS) di lapangan, Dinas Dikpora Gorontalo mengadakan kegiatan observasi dan studi dokumentasi ke sekolah. Kegiatan ini merupakan rangkaian Bimtek MBS SD Tahap II, yang diselenggarakan mulai 30 Oktober s.d. 3 November 2013.

Pengawas Sekolah dan Program Provinsi Gorontalo, Faradiba Djibran, selaku fasilitator menyampaikan, kegiatan observasi telah dilakukan pada Kamis, (31/10/2013) lalu di dua sekolah, yakni SDN No.30 Kota Selatan Kota Gorontalo dan SDN No.46 Hulondhalangi Kota Gorontalo. “Tujuan kunjungan sekolah adalah mengetahui secara langsung kondisi riil pelaksanaan MBS dalam semua komponen menejemen,” katanya di sela-sela kegiatan Bimtek MBS SD Tahap II di Gorontalo, Jumat (1/11/2013).

Faradiba mengatakan keluaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah diperolehnya gambaran profil sekolah, potret positif dan praktik terbaik implementasi MBS, diketahui titik lemah atau belum optimalnya pelaksanaan MBS, dan saran-saran untuk perbaikan pelaksanaan MBS. “Peserta dibagi menjadi dua kelompok dan masing-masing kelompok terdiri atas 15 orang,” katanya.

Kelompok I yang mengunjungi SDN No.30 Kota Selatan Kota Gorontalo terdiri atas perwakilan dari Kota Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, dan Kabupaten Gorontalo. “Masing-masing perwakilan sebanyak lima orang,” kata Faradiba.

Sementara kelompok II, yang mengunjungi SDN No.46 Hulondhalangi Kota Gorontalo terdiri atas perwakilan dari Kabupaten Pohuwato, Kabupaten Gorontalo Utara, dan Kabupaten Boalemo.

“Hasil kunjungan sekolah dibuat laporannya dan dipresentasikan,” kata Faradiba.(kemdikbud.go.if)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.