Nilai UN Diperhitungkan di SNMPTN, Hadiah untuk Mendikbud

oleh -6 views
Ilustrasi (lensaindonesia.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (lensaindonesia.com)
Ilustrasi (lensaindonesia.com)

NILAI ujian nasional SMA/MA/SMK/MAK akan menjadi salah satu variabel dalam SNMPTN 2014. Selain nilai UN, variabel lainnya adalah nilai rapor dan prestasi akademik atau nonakademik.

Alhamdulillah, Majelis Rektor sepakat tidak hanya menilai rapor. Kita sudah mulai terima UN sebagai proses penerimaan (mahasiswa baru) di PT. Ini sebagai hadiah untuk kepengurusan terakhir Pak Menteri,” kata Bendahara Umum Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Rohmat Wahab sesaat sebelum serah terima hasil UN SMA 2014 dengan Kemendikbud di Graha Utama kantor Kemendikbud, Jakarta Pusat, Jumat (16/5/2014).

banner 728x90

Rohmat menambahkan, persentase nilai UN dalam penilaian SNMPTN, bergantung kebijakan PTN masing-masing. “Antara 10-90 persen. Itu range yang diberikan pemerintah,” ucapnya.

Saat memberi sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengatakan, “Beliau akan berakhir, saya pun akan berakhir dan inilah hasil akhirnya (nilai UN diterima sebagai salah satu komponen penilaian SNMPTN).”

Nuh menerangkan, range yang jauh itu memiliki arti bahwa kewenangan diberikan sepenuhnya kepada tiap-tiap PTN.

“Kewenangan penerimaan mahasiswa ada di pimpinan universitas masing-masing dan itu dilindungi UU. Bisa jadi UN 70 persen, bisa jadi 30 persen, di-range itulah. Yang pasti nggak 0 persen,” kata Nuh.

Kelulusan UN SMA akan diumumkan pada 20 Mei 2014 di sekolah masing-masing. Sementara itu, pengumuman SNMPTN akan dilaksanakan pada 27 Mei 2014.(edukasi.kompas.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.