6 Hal yang Bisa Kita Lakukan untuk Menyelamatkan Alam

Neli Krismawati

Penulis : Neli Krismawati
Editor : Asop Ahmad

0

1

Trending
1654398089976_1654398107

6 Hal yang Bisa Kita Lakukan untuk Menyelamatkan Alam

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati pada tanggal 5 Juni setiap tahun dan hari tersebut merupakan pengingat penting tentang betapa pentingnya melestarikan planet dan alam.

Mempertimbangkan tantangan perubahan iklim yang kita hadapi saat ini, penting sekali untuk meningkatkan tindakan individu dan membuat perubahan gaya hidup untuk menyelamatkan alam ini untuk generasi mendatang.

Baca juga: Hanya Satu Bumi di Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2022

1. Hemat Air

Upaya kecil yang dapat membuat perbedaan besar salah satu contohnya adalah ketika kita sedang menyikat gigi, kita mematikan keran untuk menghemat air. Hal kecil tersebut dapat membantu mengurangi pemborosan air. Berhenti meminum air kemasan dan pilih air yang disaring karena dengan cara tersebut, secara tidak langsung kita membantu mengurangi sejumlah besar sampah plastik. 

2. Mengurangi Penggunaan Kertas

Mengurangi penggunaan kertas dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu melestarikan alam. Kayu merupakan bahan baku untuk menghasilkan kertas, yang dapat menimbulkan risiko bagi habitat alami. Cobalah untuk mengganti kertas dengan cara lain yang bisa dilakukan, seperti misalnya mengirim laporan melalui email tanpa harus di print-out menggunakan kertas. 

3. Menggunakan Transportasi Umum

Pilih bersepeda atau berjalan kaki sebagai cara untuk mengurangi polusi karbon. Hal ini juga dapat membantu menjaga tubuh agar tetap bugar. Jika berjalan kaki tidak memungkinkan, gunakanlah angkutan umum. 

4. Katakan Tidak pada Plastik

Bawalah tas yang dapat digunakan kembali ke toko tempat berbelanja. Hindari menggunakan piring, gelas, sendok, dan serbet sekali pakai karena menghasilkan limbah dalam jumlah besar. Gunakanlah produk yang terbuat dari bahan daur ulang. 

5. Buang Sampah dengan Hati-Hati

Daur ulang sampah dapur dengan hati-hati. Buatlah daftar berapa kali barang dapat digunakan kembali daripada hanya membuangnya. 

6. Makan Makanan yang Berkelanjutan/Sustainable Foods

Sustainable food memiliki arti sebagai pertumbuhan, produksi, distribusi, dan konsumsi produk makanan yang memperhatikan lingkungan. Pilih bahan makanan dari petani yang membantu dalam konservasi sumber daya alam dan berdampak kecil pada tanah. Makan lebih banyak biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran dan lebih sedikit daging merah. 
Sumber: https://www.firstpost.com/

Komentar (1)

komentar terkini

Dodi Farandy
2 bulan lalu
Dodi Farandy :
Sudah saatnya kita mulai peduli alam, lebih care dimulai dari diri sendiri

Berita Terkait

1654398089976_1654398107

Trending

6 Hal yang Bisa Kita Lakukan untuk Menyelamatkan Alam

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati pada tanggal 5 Juni setiap tahun dan hari tersebut merupakan pengingat penting tentang betapa pentingnya melestarikan planet dan alam. Mempertimbangkan tantan
1654390289206_1654390439

Trending

Hanya Satu Bumi di Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2022

SIAPBELAJAR.COM - Hanya Satu Bumi atau Only One Earth merupakan tema sentral yang dicetuskan oleh United Nations Environment Programme (UNEP), badan internasional yang bernaung di bawah PBB dalam memp