Simpati Mendalam untuk Ridwan Kamil dari Wali Kota Bern

Siap Belajar

Penulis : Siap Belajar
Editor : Asop Ahmad

1

1

Trending
1654013464461_1654013500

Simpati Mendalam untuk Ridwan Kamil dari Wali Kota Bern

BERN -- Wali Kota Bern Alec Van Graffenried menyampaikan simpati secara langsung kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Atalia Praratya Ridwan Kamil atas hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz di Sungai Aare, Swiss, Senin (30/5/2022). Turut hadir Duta Besar Muliaman Hadad dalam pertemuan tersebut.

Graffenried menyampaikan dukungannya dalam upaya pencarian Eril --sapaan Emmeril. Selain bertemu Graffanried, Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- bersama Atalia bertemu juga dengan salah satu warga Bern, Heinrich, yang turut membantu adik Eril naik ke daratan saat berada di Sungai Aare.

Pertemuan tersebut dibaluti suasana haru. Heinrich pun menyampaikan simpatinya kepada Kang Emil dan keluarga. Sedangkan Ridwan Kamil memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Heinrich.

Adapun proses pencarian Eril berjalan dengan intensif. Dilansir https://kemlu.go.id/bern, proses pencarian Eril di Sungai Aare menggunakan metode jalan kaki, perahu, drone, dan selam, pada Senin (30/5/2022). Pencarian mencakup area Eichholz sampai Wohlensee, dan fokus di antara pintu air Schwelenmaetelli.

Banyak Pihak

Upaya pencarian Eril sendiri melibatkan banyak pihak yakni Tim SAR, unsur Polisi, Polisi Maritim, dan Pemadam Kebakaran sebagai pilot drone. Perwakilan keluarga Gubernur Jabar, Elpi Nazmuzzaman, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut mencari Eril.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada warga negara Indonesia maupun warga setempat yang telah membantu keluarga kami di sana. Menguatkan Kang Emil, Teh Atalia dan adiknya Eril," ucapnya.

Terus Dilakukan

Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hilang saat berenang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, masih dilakukan hingga hari ini.

Informasi dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Swiss yang diterima pihak keluarga Ridwan Kamil di Bandung, menyebutkan, pencarian sampai Senin (30/5/2022), belum membuahkan hasil.

"Pencarian Eril oleh otoritas terkait masih dilakukan (sampai hari ini)," kata Erwin Muniruzaman, kakak kandung Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (31/5/2022).

"Kang Emil terus ikhtiar setiap hari, termasuk turun sendiri," tambahnya

Erwin mengungkapkan, Wali Kota Bern Alec Van Graffenried sempat menemui Ridwan Kamil di lokasi pencarian. Ia memberikan dukungan yang optimal sekaligus menyampaikan rasa simpati mendalam kepada pihak keluarga.

"Wali Kota Bern berkesempatan memberikan support langsung ke Kang Emil di lokasi pencarian," ucap Erwin.

Tak hanya Wali Kota Bern, dalam kesempatan itu salah seorang warga kota tersebut, yang bernama Heinrich juga menemui Ridwan Kamil.

"Saat itu (Ridwan Kamil) bertemu pula dengan Pak Heinrich, orang pertama yang merespon permintaan tolong dari adiknya Eril untuk mencari Eril sejak mereka berhasil ke darat," tuturnya.

Saat pertemuan itu, Heinrich menyampaikan rasa simpati dan memberikan kekuatan dengan memeluk Ridwan Kamil. Dari pihak keluarga Ridwan Kamil juga menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Heinrich.

"Beliau (Heinrich) menyampaikan rasa simpatinya. Dari pihak Kang Emil juga menyampaikan terima kasih kepada Pak Henrich," lanjut Erwin.

Menurutnya, pada saat kejadian, warga setempat sangat sigap menolong Eril karena tak hanya Heinrich, warga lainnya pun langsung menghubungi kepolisian setempat, sehingga dalam waktu singkat pihak otoritas sudah berada di lokasi kejadian.

"Ini menunjukan bahwa warga lokal juga sangat helpfull dan sigap karena selain Pak Henrich, ada pula warga lain yang menghubungi polisi, sehingga dalam waktu singkat mereka bisa langsung merespons di lokasi kejadian," ungkapnya.

Sementara itu dari pihak keluarga Ridwan Kamil dalam waktu dekat ada yang menyusul ke Swiss. Erwin berharap kehadiran keluarganya di Swiss dapat membantu proses pencarian Eril, juga memberikan dukungan moril kepada orangtua Eril.

"Dari pihak keluarga akan ada beberapa orang yang menyusul Kang Emil ke Swiss untuk membantu proses di sana," jelasnya.

Ikhlas

Erwin mengungkapkan pula, dalam proses pencarian hingga hari ini, pihak keluarga sudah ikhlas apapun yang menjadi takdir Eril.

"Pencarian hari ini sudah selesai, kemudian dilanjutkan lagi hari berikutnya. Dari pihak keluarga sudah ikhlas apapun nanti yang akan menjadi takdir dari Eril," ungkap Erwin.

Untuk mengantisipasi berbagai skenario, pihak keluarga di Bandung sudah berkonsultasi dengan ulama guna mengetahui apa yang seharusnya dilakukan sesuai dengan syariat Islam.

"Dari pihak keluarga sudah berkonsultasi dengan beberapa ulama seperti Ketua MUI KH Rachmat Syafei dan Ustaz Adi Hidayat untuk kami dapat mengetahui apa yang seharusnya dilakukan sesuai dengan syariat Islam terhadap apapun yang menjadi takdirnya Eril," tuturnya.

Walaupun demikian, Erwin mengatakan bahwa tim pencari sedang semangat-semangatnya di sana.*

Komentar (1)

komentar terkini

VITA
7 bulan lalu
VITA :
Semoga Putra Kang'Emil, Emmeril Kahn Mumtadz dapat segera ditemukan

Berita Terkait

1664376136863_1664376189

Ekonomi

Ridwan Kamil Apresiasi Digitalisasi Pasar Tradisional Sukatani Depok

SIAPBELAJAR.COM- Program digitalisasi Pasar Sukatani di Kota Depok sudah diterapkan dengan pola pembayaran nontunai melalui QRIS. Hal ini mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil."Pas
1664243126918_1664243201

Ekonomi

Strategi Ridwan Kamil Kendalikan Laju Inflasi di Jawa Barat

SIAPBELAJAR.COM – Strategi pengendalian Inflasi di Jawa Barat dilakukan Ridwan Kamil dengan dengan menyediakan anggaran mencapai Rp225 miliar. Angka itu berasal dari gabungan APBD Pemerintah Provins
1664243341977_1664243424

Trending

Ridwan Kamil Temui dan Serap Aspirasi AP2SI Jabar

SIAPBELAJAR.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menemui sekaligus menyerap aspirasi Asosiasi Pengelola Perhutanan Sosial Indonesia (AP2SI) Jabar yang berunjuk rasa di depan Gedung Sate, Kota Bandun
1663548824635_1663548959

Trending

Imbas BBM Naik Emil Setuju Upah di Jabar Ikut Naik

SIAPBELAJAR.COM - Massa buruh di sejumlah daerah di Jawa Barat melakukan aksi penolakan terhadap kenaikan BBM. Selain menolak, buruh juga menuntut kenaikan upah imbas naiknya harga bahan bakar tersebu
1663219593000_1663219684

Trending

Emil Pastikan Masjid Al- Jabar Akan Diresmikan 30 Desember 2022

SIAPBELAJAR.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan peresmian Masjid Raya Al-Jabbar akan dilaksanakan pada 30 Desember 2022.Hal itu ia sampaikan usai meninjau kemajuan proyek Masjid Al-