Siswa SD Dari NTT Raih Juara 1 Lomba Matematika Internasional

Intan Suryani

Penulis : Intan Suryani
Editor : Asop Ahmad

0

0

Trending
1674306761754_1674306893

Nono, Siswa SD Dari NTT Raih Juara 1 Lomba Matematika Internasional, Kalahkan 7.000 Anak Dari Seluruh Dunia

SIAPBELAJAR.COM- Seorang bocah lelaki asal Nusa Tenggara Timur (NTT) Caesar Archangel Hendrik Meo Tnunay telah mengharumkan nama Indonesia setelah menjadi juara pertama kompetisi matematika internasional.

Bocah NTT juara matematika yang akrab disapa Nono berhasil mengalahkan 7.000 siswa dari seluruh dunia dalam gelaran Abacus Brain Gym tahun 2022. Nono adalah siswa kelas 2 di SD Inpres Buraen 2, Amarasi Selatan, NTT.

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat menyampaikan kabar gembira itu dalam foto yang diunggah di Instagram, Jumat, 6 Januari 2023. 

Viktor pun mengungkapkan rasa bangganya pada bocah NTT, Nono, dalam keterangan foto.

"Saya senang dan bangga melihat anak seperti Nono atau Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay, siswa kelas 2 SD Inpres Buraen 2, Amarasi Selatan, yang meraih posisi pertama dalam kompetisi tingkat dunia Abacus Brain Gym tahun 2022 yang diikuti oleh sekitar 7.000 siswa dari seluruh dunia," tulis Viktor

"Nono membanggakan NTT juga dunia, yang tentunya tidak terlepas dari peran guru yang sangat penting dalam membangun anak yang cerdas dan mandiri," dia menambahkan.

Viktor pun mengatakan bahwa banyak anak yang lahir dari latar belakang keluarga biasa tapi bisa tumbuh menjadi siswa luar biasa.

"Banyak anak-anak yang terlahir dari latar belakang biasa saja tetapi mereka menjadi luar biasa dan lebih berhasil dibanding anak-anak yang hanya cerdas di lembaga pendidikan saja, karena mereka memiliki daya tahan yang luar biasa," ujarnya.

Dia lalu menambahkan bahwa membangun anak menjadi manusia hebat bukan hanya intelektualnya saja, tapi juga memiliki Adversity Quotient atau daya tahan terhadap tekanan.

"Jadi anak tidak dimanja, tetapi dilatih untuk melalui tekanan yang sesuai dengan tahapan usianya, sehingga pelan-pelan anak menjadi kuat bertahan," katanya.

Bagi Viktor, tekanan pada anak sesuai usia tetap harus ada untuk melatih mental anak agar bisa menghadapi berbagai tekanan dalam kehidupan.

"Tekanan tetap harus ada tetapi tidak membuat anak menjadi stres. Output-nya adalah anak memiliki pain tolerance sehingga ketika dewasa dan berhadapan dengan masalah, tantangan, atau penderitaan, dia tetap tenang dan rasional," kata Viktor.

Viktor berpesan kepada orangtua agar tidak hanya mengajarkan anak soal pengetahuan, tapi juga kasih sayang dan cara menghadapi dan menyelesaikan masalah.

"Jadi sebagai orangtua, isilah anak kita bukan saja dengan pengetahuan, tapi juga dengan afeksi atau kasih sayang serta bertahap melatih anak dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah," ujarnya.

"Sehingga menjadi manusia dengan emosi, moral, dan spirit yang kuat untuk menghadapi berbagai tantangan saat anak besar nanti," Viktor menekankan.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1674306761754_1674306893

Trending

Siswa SD Dari NTT Raih Juara 1 Lomba Matematika Internasional

SIAPBELAJAR.COM- Seorang bocah lelaki asal Nusa Tenggara Timur (NTT) Caesar Archangel Hendrik Meo Tnunay telah mengharumkan nama Indonesia setelah menjadi juara pertama kompetisi matematika internasio
1659408865777_1659408908

Belajar

Taman Edukasi Laskar Rempah SMAN 6 Kupang NTT Diresmikan

SIAPBELAJAR.COM - Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbud Ristek Dikti RI Dr Restu Gunawan, didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Linus Lusi meresmikan T
1658449583466_1658449767

Trending

Presiden Jokowi Resmikan Perluasan Bandara Labuan Bajo

SIAPBELAJAR.COM  - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perluasan Bandar Udara (Bandara) Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (21/07/20
1656571143423_1656571155

Ekonomi

Harga Tiket Masuk Pulau Komodo Naik

SIAPBELAJAR.COM - Mulai 1 Agustus 2022, Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) menetapkan biaya masuk ke kawasan konservasi Taman Nasional Komodo (TNK) me