5 Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan

Udan Muhdiana

Penulis : Udan Muhdiana
Editor : Asop Ahmad

0

0

SIAP BELAJAR.COM - Bengkoang merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Selain rasanya yang nikmat, buah ini juga kaya manfaat. Manfaat bengkoang ini mulai dari melancarkan pencernaan, menurunkan risiko kanker, hingga menjaga kesehatan jantung dan otak.

Bengkoang (Pachyrhizus spp) dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai campuran rujak. Selain rujak, bengkoang juga nikmat bila dikonsumsi secara langsung. Terlepas dari rasanya yang menyegarkan karena banyak mengandung air, ternyata bengkoang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena aneka nutrisinya.

Kandungan Nutrisi Bengkoang

Bengkoang terkenal akan kandungan seratnya yang cukup melimpah. Dalam setiap 100 gram serat bengkoang terdapat sekitar 5 gram dan 40 kalori. Jumlah serat ini sudah setara dengan 10–15% dari kebutuhan harian orang dewasa.

Di samping serat, masih ada sejumlah nutrisi lain yang dimiliki bengkoang dan juga penting untuk kesehatan Anda. Berikut ini beberapa nutrisi yang terkandung dalam 100 gram bengkoang:

Vitamin C: 20 mg

Protein: 0,7 gram

Karbohidrat : 8,8 gram

Kalsium: 12 gram

Magnesium: 12 gram

Kalium: 200 mg

Fosfor: 18 mg

Seng: 0,16 mg

Selain beberapa nutrisi di atas, bengkoang juga mengandung vitamin A, vitamin B6, dan zat besi dalam jumlah yang sedikit.

Manfaat Bengkoang bagi Kesehatan

Beragam nutrisi yang telah disebutkan sebelumnya, menjadikan bengkoang baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Berikut ini adalah 6 manfaat bengkoang yang penting bagi kesehatan tubuh:

1. Melancarkan pencernaan

Salah satu manfaat bengkoang yang utama adalah melancarkan pencernaan. Pasalnya, serat pada bengkoang bisa membuat tinja lebih lunak dan mudah bergerak melalui pencernaan.

Selain serat, nutrisi lain yang terkandung dalam bengkoang dan juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan adalah air dan inulin. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kandungan air, serat, dan inulin dapat membantu mencegah dan mengatasi sembelit.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat di dalam bengkoang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Asupan serat yang tercukupi dapat menghambat penyerapan dan mengurangi jumlah kolesterol, sehingga baik untuk mengatasi kolesterol tinggi.

Manfaat bengkoang terhadap penurunan kolesterol ini dapat mencegah terjadinya pembentukan plak atau penyumbatan pada pembuluh darah jantung (aterosklerosis).

3. Mencegah dehidrasi

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bengkoang kaya akan kandungan air. Sekitar 85% bengkoang terdiri dari udara. Oleh karena itu, konsumsi bengkoang tak hanya dapat membuat Anda merasa kenyang, namun juga mencegah Anda dari dehidrasi.

4. Menurunkan risiko kanker

Menurut penelitian, paparan radikal bebas dalam jumlah besar akan meningkatkan risiko Anda mengalami kondisi kesehatan serius, seperti diabetes dan kanker.

Bengkoang mengandung antioksidan, seperti vitamin C, yang berperan menangkal paparan radikal bebas. Selain menangkal radikal bebas, kandungan vitamin C pada bengkoang juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat Anda tidak mudah sakit.

5. Meningkatkan fungsi otak

Meski dalam jumlah kecil, kandungan vitamin B6 dalam bengkoang ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Vitamin ini mampu membantu otak dan saraf untuk bekerja lebih baik. Vitamin B6 juga membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan mengubah protein menjadi energi.

Selain itu, kandungan serat dan karbohidrat kompleks dari bengkoang juga baik untuk menjaga kelancaran aliran darah pada otak.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1675812889632_1675812730

Share and Care

7 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Perlu kamu ketahui manfaat kunyit pada tubuh bisa digunakan untuk meredakan berbagai penyakit ringan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Banyak dari masyarakat yang menggun
1675461860686_1675461720

Share and Care

7 Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM -  Jahe merupakan salah satu bahan alami atau herbal yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Ada beberapa jenis jahe di pasaran, salah satunya jahe merah. Manfaat jahe merah berasa
1673652663432_1673652540

Share and Care

5 Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan

SIAP BELAJAR.COM - Bengkoang merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Selain rasanya yang nikmat, buah ini juga kaya manfaat. Manfaat bengkoang ini mulai dari melancarkan pence