Kurangi Nafsu Makanmu dengan Cara ini

Lusi Yulia Irfani

Penulis : Lusi Yulia Irfani
Editor : Asop Ahmad

0

0

Keluarga
1660570705493_1660570718

Kurangi Nafsu Makan

SIAPBELAJAR.COM - Salah satu tantangan sulit yang dihadapi banyak orang ketika menjalani diet adalah menentukan cara menahan nafsu makan dengan efektif. Jika Anda termasuk salah satunya, coba ikuti beberapa cara menahan nafsu makan yang sederhana dan mudah dilakukan.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki nafsu makan yang berbeda-beda. Ada orang yang mudah mengendalikan nafsu makan, namun tak sedikit pula yang kesulitan menahannya. Hal ini dapat dipengaruhi oleh metabolisme dan aktivitas fisik sehari-hari.

Berbagai Cara Menahan Nafsu Makan

Jika Anda terus merasa lapar dan sulit menahan nafsu makan, cobalah lakukan beberapa cara menahan nafsu makan berikut ini:

1. Jangan lewatkan waktu makan

Tubuh bekerja setiap saat untuk mencerna makanan dan minuman. Oleh karena itu, tidak baik jika Anda melewati waktu makan dan tidak mengonsumsi apapun selama lebih dari 4 jam.

Ketika Anda melewati waktu makan, nafsu makan cenderung lebih besar pada saat waktu makan berikutnya. Ini kerap terjadi saat Anda menjalani aktivitas dengan melewatkan sarapan.

Dalam kondisi ini, tubuh akan mengeluarkan hormon ghrelin, yaitu hormon yang berfungsi mengirimkan sinyal lapar ke otak dan menyebabkan peningkatan nafsu makan.

Sebuah studi dalam British Journal of Nutrition menyebutkan orang yang makan 3 kali sehari lebih puas dengan konsumsi makanannya dan cukup kenyang selama 24 jam daripada orang yang makan 2 kali sehari.

Untuk menurunkan nafsu makan, Anda sebaiknya makan teratur 3 kali dalam sehari.

Jika masih merasa lapar saat menunggu waktu makan berikutnya, coba selingi dengan konsumsi camilan ringan yang sehat seperti buah-buahan.

2. Tidur dengan cukup

Kurang tidur punya risiko besar untuk menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini karena Anda cenderung mengonsumsi makanan ringan pada malam hari apabila kesulitan tidur.

Tubuh akan mengeluarkan hormon ghrelin dan leptin lebih banyak saat tubuh Anda kurang tidur. Kedua hormon inilah yang dapat merangsang dan meningkatkan nafsu makan.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mencukupi waktu tidur setidaknya 7 jam setiap malam untuk menurunkan nafsu makan.

3. Atur porsi yang pas untuk setiap waktu makan

Fungsi indra berkaitan dengan nafsu makan. Pasalnya, keinginan untuk makan muncul akibat rangsangan dari luar, terutama mata yang melihat makanan atau minuman.

Tampilan sangatlah mempengaruhi tingkat nafsu makan Anda, begitu pun dengan porsi yang Anda lihat ketika makanan disajikan.

Sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition membuktikan bahwa saat makanan disajikan dalam porsi yang lebih sedikit, peserta cenderung mengurangi porsi makan mereka pada hari berikutnya.

Peserta penelitian meyakini bahwa porsi yang telah dikurangi tersebut adalah porsi normal.

Jadi, mengurangi porsi makan yang tadinya lebih banyak bisa membantu Anda dalam menurunkan nafsu makan.

4. Memperbanyak konsumsi serat

Serat pada dasarnya adalah jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna dan diserap oleh tubuh.

Proses pencernaan makanan tinggi serat akan lebih sulit sehingga memakan waktu lebih panjang. Alhasil, perut akan terasa penuh lebih lama maka Anda pun tidak cepat lapar.

Inilah alasan mengapa buah dan sayuran yang tinggi serat dipercaya sebagai makanan yang bisa menurunkan nafsu makan.

Penelitian juga menyebutkan bahwa meningkatkan konsumsi serat sebanyak 14 persen dalam sehari efektif menurunkan nafsu makan dan membuat berat badan turun dengan cepat.

5. Berpikir sebelum mengonsumsi sesuatu

Nafsu makan juga bisa dipengaruhi oleh false hunger. Kondisi yang bisa membuat Anda lapar tapi “tidak benar-benar lapar” ini bisa muncul akibat rasa bosan, stres, atau cemas.

Jika Anda sudah makan dalam rentang waktu dua hingga empat jam sebelum rasa lapar itu muncul, mungkin sedang false hunger sedang Anda alami.

Saat false hunger tersebut muncul, lebih baik cari alternatif kegiatan selain makan, seperti bermain game, jalan-jalan keluar rumah, atau melakukan hobi yang Anda sukai.

Hal tersebut akan membantu dalam menurunkan nafsu makan karena dapat mengalihkan pikiran Anda dari rasa lapar yang tiba-tiba muncul.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1661918825686_1661918852

Belajar

Mengenal Mie Shirataki dan Manfaatnya

SIAPBELAJAR.COM - Mie shirataki terbuat dari akar tanaman konjac atau konnyaku yang umum tumbuh di Jepang, China dan beberapa negara di Asia Tenggara. Selain diolah menjadi mie,
1660570705493_1660570718

Keluarga

Kurangi Nafsu Makanmu dengan Cara ini

SIAPBELAJAR.COM - Salah satu tantangan sulit yang dihadapi banyak orang ketika menjalani diet adalah menentukan cara menahan nafsu makan dengan efektif. Jika Anda termasuk salah satunya, coba ikuti be
1658152069815_1658152357

Keluarga

Nanas Ampuh untuk Diet dan Kaya Manfaat

SIAPBELAJAR.COM - Nanas adalah salah satu jenis buah yang sering dikaitkan dengan mitos-mitos tertentu, seperti pemicu sakit perut, keputihan hingga keguguran. Hal tersebut kemudian membuat banyak ora
1655906563659_1655906588

Keluarga

Cara Meningkatkan Nafsu Makan

SIAPBELAJAR.COM - Nafsu makan turun dapat disebabkan oleh penyakit dan juga kondisi psikologis. Kehilangan nafsu makan dalam waktu lebih dari dua hari dapat menyebabkan penurunan berat badan. Berikut