20 Jurusan SMK yang Siap Kerja

Udan Muhdiana

Penulis : Udan Muhdiana
Editor : Asop Ahmad

0

0

Belajar
1659702067752_1659704153

Ilustrasi: Trik bagi kamu yang ingin masuk jurusan Desain Grafis

SIAPBELAJAR.COM - Bagi kalian yang setelah lulus sekolah mau langsung kerja, masuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bisa menjadi pilihan tepat.

20 jurusan yang banyak diminati di SMK ini bisa menjadi pilihanmu untuk meraih pekerjaan menjanjikan di masa depan.

1.  Desain Grafis / Multimedia 

Zaman serba digital seperti saat ini, keterampilan desain grafis dan multimedia sangat diperlukan.

Kalian akan diajarkan cara membuat teks, gambar video, hingga animasi dengan berbagai software design. Setelah lulus, kalian bisa bekerja sebagai desainer grafis, videographer, animator, atau video editor di perusahaan besar bidang produksi film, game, startup, dan masih banyak lagi. 

 2. Administrasi Perkantoran

 Jurusan ini akan belajar seputar administrasi di lingkungan perkantoran, misalnya tentang penataan surat menyurat, pengetikan dokumen, hingga pengelolaan arsip-arsip penting di kantor.

Prospek kariernya luas, misalnya sebagai sekretaris, petugas administrasi, kearsipan, resepsionis, dan masih banyak lagi. 

3. Akuntansi

Jurusan SMK yang paling banyak dicari pastinya adalah jurusan Akuntansi. Berbagai bentuk transaksi keuangan, mulai dari mencatat, mengelola, mengelompokkan dan menyajikan data akan dipelajari.

Peluang kerjanya di berbagai perusahaan besar sebagai staff bidang akuntansi, perbankan, internal auditor, dan sebagainya.

4.  Broadcasting 

Suka berbicara di depan umum dan punya percaya diri yang tinggi? Jurusan SMK Broadcasting cocok buatmu.

Tak hanya TV dan radio, klian juga bisa jadi staff dari para YouTuber terkenal. 

5.  Analis Kimia

 Analis Kimia adalah salah satu jurusan di SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja. Kalian akan belajar banyak seputar laboratorium kimia, alat industri kimia, operasi teknik kimia, dan sebagainya.

Prospek kerjanya pun beragam mulai dari staff laboratorium, analis mikrobiologi, research and development, hingga quality control di berbagai perusahaan. 

6.  Animasi 

Animasi menjadi salah satu industri yang perkembangannya paling pesat saat ini sebab animasi adalah produk global yang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Animasi juga semakin banyak digunakan sebagai alat marketing yang menjanjikan karena menarik dan mudah dicerna oleh masyarakat.

7.  Bisnis dan Pemasaran

Jika kamu mencari jurusan SMK yang mudah mendapat pekerjaan, maka Bisnis dan Pemasaran bisa jadi salah satunya. Kenapa? Karena semua jenis usaha pasti membutuhkan ilmu bisnis dan pemasaran untuk mengembangkan bisnisnya.

Nah di jurusan ini, kamu akan dibekali dengan keterampilan mengelola bisnis online, marketing, penataan produk, inovasi produk, perencanaan bisnis, administrasi transaksi, dan perdagangan ritel. 

8.  Farmasi

Keahlian ini sesuai bagi yang ingin mengembangkan diri atau berkarier di bidang kesehatan atau kosmetik.

Kamu akan diajarkan berbagai keahlian dasar farmasi seperti pengetahuan tentang obat hingga penggunaannya, mempelajari teknik pembuatan sediaan obat, serta kemampuan untuk memberikan pelayanan farmasi.

Setelah lulus, kamu pun bisa menjadi tenaga teknis di industri obat, kosmetik, dan menjadi asisten apoteker.

9. Keperawatan 

Kalian akan diajarkan berbagai keahlian dasar keperawatan seperti memahami dasar-dasar keperawatan, dibekali keterampilan dasar tindakan keperawatan, memahami ilmu kesehatan masyarakat, serta ilmu tentang penyakit dan penunjang medis lainnya.

10. Kesehatan Gigi

Program keahlian Kesehatan Gigi mempelajari penanganan pertama pada berbagai masalah di dalam mulut.

Kalian akan diajarkan berbagai keahlian dasar Kesehatan Gigi di antaranya memahami bahan-bahan kedokteran gigi, cara mengoperasikan alat kesehatan gigi dan kelengkapannya, melakukan asistensi tindakan gawat darurat, serta dilatih keterampilan mencegah dan mengendalikan penyakit. Lulusan dari keahlian ini dipersiapkan untuk menjadi asisten dokter gigi. 

11.  Pariwisata 

Jurusan Pariwisata di SMK bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang dapat berkontribusi mendukung sektor pariwisata Indonesia dan menciptakan lapangan kerja sendiri di bidang pariwisata. Kamu akan belajar kemampuan bahasa asing, pelayanan bagi para wisatawan, hingga informasi objek wisata.

Kamu pun bisa berkarier sebagai tour guide, bekerja di industri perhotelan, hingga membuka bisnis agen travel, atau biro perjalanan. 

12. Perbankan dan Keuangan Syariah 

Bisnis dan bank berbasis syariah kini semakin berkembang dan diminati masyarakat, lho. Bahkan, pengguna jasa keuangan syariah terus meningkat setiap tahunnya.

Ini bisa menjadi peluang yang sangat bagus untuk kamu di masa mendatang. Dengan masuk ke Jurusan SMK Perbankan dan Keuangan Syariah, kamu akan diajarkan dasar-dasar ekonomi syariah, ekonomi mikro dan makro syariah, serta lembaga keuangan syariah. 

13.  Perhotelan 

Untuk mengelola sebuah hotel itu tidak mudah, dibutuhkan sumber daya manusia yang handal agar seluruh tamu mendapatkan pelayanan yang terbaik. Kebutuhan tenaga kerja di hotel ini banyak didapatkan dari lulusan SMK Perhotelan.

Kamu akan diajarkan berbagai keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di hotel seperti servis makanan dan minuman, pekerjaan laundry, front office, housekeeping, dan lainnya. Kamu juga diharuskan untuk menguasai bahasa asing yang akan mendukung pekerjaanmu kelak. 

14. Rekayasa Perangkat Lunak 

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah jurusan yang mempelajari dan mendalami semua cara pengembangan perangkat lunak, termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak, dan manajemen kualitas.

RPL juga berkaitan dengan pembuatan website, aplikasi, game, dan semua hal yang berkaitan dengan pemrograman. Tiap harinya, kamu akan belajar tiga hal yaitu coding, desain, dan algoritma yang akan menjadi kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak. 

15. Teknik Bisnis Sepeda Motor

Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar di dunia untuk sepeda motor. Nah, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor adalah keahlian yang akan membantu kamu untuk lebih terampil dalam jasa pelayanan mekanik kendaraan sepeda motor.

Kamu akan diajarkan tentang mesin motor, perbaikan motor, hingga pemeliharaan sepeda motor. Setelah lulus, kamu pun bisa mencoba untuk menjadi teknisi atau mekanik motor, teknisi perakitan atau produksi di industri motor, hingga membuka bengkel motor sendiri. 

6. Teknik Elektronika Industri 

Jurusan Teknik Elektronika Industri akan mempersiapkan tenaga terampil dan kompeten di bidang kontrol elektronika analog dan digital, teknik mikroprosesor dan mikrokontroler, teknik interfacing komputer dan programmer, system sensor, hydraulic, kelistrikan, sistem robotic industri, hingga sistem keamanan dan keselamatan kerja.

Sebagai lulusan TEI, kamu pun bisa bekerja di perusahaan elektronik ternama atau BUMN. 

17.   Tata Boga 

Tak hanya dilatih untuk memasak berbagai macam resep, tapi kamu juga akan belajar tentang ilmu gizi, tata hidang, hygiene dan keselamatan kerja, hingga kewirausahaan di bidang makanan. Peluang kerjanya pun sangat luas, lho.

Kamu bisa bekerja di bidang industri kuliner mulai dari hotel, restaurant, kafe, atau bahkan membuat tempat usaha sendiri.

18.  Tata Busana atau Fashion Design 

Jurusan Tata Busana akan mengasah kreativitas kamu dalam mendesain pakaian yang unik dan menjualnya hingga laris di pasaran.

Kalian akan diajarkan cara membuat pola, teknik menjahit, bahan-bahan tekstil, dan sebagainya. Masa depan dari jurusan ini pun cukup cerah.

Kamu bisa berkarier sebagai fashion stylist, desainer pakaian, desainer kostum untuk teater atau film, fashion blogger, atau wirausaha. 

19. Tata Rias dan Kecantikan 

Jika kalian sedang mencari jurusan SMK yang cocok untuk wanita dengan prospek kerja yang menjanjikan, jurusan Tata Rias dan Kecantikan bisa dipertimbangkan.

Bakat make up dan menata rambut yang dimiliki bisa dikembangkan di jurusan ini. Kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan seputar kecantikan kulit, rambut, dan pembekalan agar kamu siap menjadi wirausaha.

Lulusannya akan sangat dibutuhkan di klinik kecantikan, salon kecantikan, atau tempat perawatan lainnya. Kamu juga bisa membangun karier sebagai make up artist.

20. Teknik Furnitur

Program keahlian Teknik Furnitur adalah program yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berjiwa wirausaha di bidang furnitur.

Kalian akan diajarkan berbagai keahlian dasar seputar material kayu seperti jati, mahoni, kamper, sonokeling, dan kayu industri.

Selain itu, kalian juga akan dilatih untuk mendesain berbagai jenis furnitur mulai dari desain furnitur etnik, minimalis, klasik, hingga pintu dan kusen.

Tag :
smk
Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1660266419156_1660266457

Belajar

Moge Kayu Tenaga Listrik Karya SMK Tampil di Hakteknas

SIAPBELAJAR.COM - Menyiapkan tenaga kerja yang kompetitif dan mendorong kemajuan teknologi untuk pendidikan merupakan salah satu fokus Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendi
1659702067752_1659704153

Belajar

20 Jurusan SMK yang Siap Kerja

SIAPBELAJAR.COM - Bagi kalian yang setelah lulus sekolah mau langsung kerja, masuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bisa menjadi pilihan tepat. 20 jurusan yang banyak diminati di SMK ini bisa menjadi p
1659154179576_1659154192

Ekonomi

SMKN 5 Malang Rancang Motor Gede Listrik dari Kayu

SIAPBELAJAR.COM – Ada banyak hal menarik dalam gelaran Mahakarya Vokasi, “Vokasiland: Road to Harteknas 2022”, di Grand City Mall, Surabaya, Jawa Timur (29/7). Salah satunya adalah motor gede
1659051198986_1659051240

Trending

Disdik Jabar Siap Kirim Lulusan SMK ke Jepang

SIAPBELAJAR.COM- Sebanyak 286 sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jawa Barat (Jabar) siap menyediakan tenaga kerja bekerjasama dengan negara Jepang. Nantinya, lulusan SMK Jabar akan melengkapi 14 sekto
1658897510459_1658897523

Belajar

Lulusan SMK Jawa Barat Dilirik Jepang

SIAPBELAJAR.COM – Ada ratusan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jawa Barat. Angkanya mencapai 286 SMK dengan beragam spesifikasi, seperti pertanian, penerbangan, dan pelayaran. Hal itu menjadi po