Tips Atasi Insomnia

Lusi Yulia Irfani

Penulis : Lusi Yulia Irfani
Editor : Asop Ahmad

0

0

Keluarga
1659702151927_1659702178

Ilustrasi

SIAPBELAJAR.COM - Insomnia alias gangguan tidur di malam hari bisa sangat mengganggu. Pasalnya, tidur merupakan kebutuhan mendasar manusia yang sangat penting dan harus dicukupi. Itulah sebabnya, gangguan tidur ini bisa memengaruhi aktivitas sepanjang hari. Lantas, bagaimana cara mengatasi insomnia?

Sebenarnya, ada beberapa cara mudah yang bisa dicoba untuk mengatasi insomnia, dan mendapatkan tidur yang berkualitas. Berikut ini pembahasan lengkapnya.

Beberapa Cara Mengatasi Insomnia

Bila Anda sering mengalami insomnia, ada beberapa tips dan cara mengatasi insomnia yang bisa dicoba, antara lain:

1. Luangkan waktu untuk relaksasi

Anda bisa mencoba berbagai metode relaksasi sebelum tidur, misalnya dengan melakukan yoga atau pilates. Aktivitas tersebut dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan, sehingga Anda pun akan mudah terlelap.

Selain itu, beberapa aktivitas menenangkan, seperti membaca buku, mandi air hangat, dan mendengarkan musik dengan irama yang pelan juga dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.

2. Usahakan untuk terus berpikir positif

Insomnia bisa lebih mudah dialami oleh orang yang sering cemas atau khawatir berlebihan. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu berpikir positif agar pikiran bisa lebih tenang. Anda pun bisa mencoba meditasi untuk menenangkan pikiran.

Jika merasa kesulitan, Anda bisa berkonsultasi ke psikolog atau psikiater untuk menjalani konseling dan psikoterapi. Salah satu metode psikoterapi yang banyak dilakukan untuk mengatasi susah tidur adalah terapi perilaku kognitif.

3. Konsumsi makanan sehat

Anda sebaiknya menghindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi dan karbohidrat kompleks menjelang tidur. Hal ini dikarenakan jenis makanan tersebut dapat memperberat kerja sistem pencernaan, sehingga tubuh menjadi sulit beristirahat.

Jika Anda ingin mengonsumsi camilan di malam hari, pilihlah makanan ringan yang sehat, seperti cracker tawar atau yoghurt.

4. Kurangi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein

Untuk mengatasi insomnia, Anda juga perlu menghindari konsumsi minuman beralkohol, kopi, teh, dan minuman ringan yang mengandung kafein, terutama pada sore hari dan saat menjelang tidur.

Berbagai jenis minuman tersebut dapat membuat Anda lebih terjaga, sehingga akan susah tidur di malam hari. Agar lebih sehat, Anda dapat menggantinya dengan susu atau air putih.

5. Hindari merokok sebelum tidur

Kandungan nikotin di dalam rokok dapat membuat Anda sulit tidur. Oleh karena itu, hindari merokok sebelum tidur agar Anda tidak terjaga sepanjang malam.

6. Antisipasi perubahan jam tidur saat bepergian dan bekerja

Bepergian ke tempat dengan perbedaan waktu yang signifikan atau tuntutan bekerja di malam hari, dapat mengganggu ritme sirkadian. Ritme sirkadian merupakan mekanisme alami tubuh yang mengatur jadwal tidur dan bangun, metabolisme, serta suhu tubuh setiap hari.

Jika ritme sirkadian terganggu, Anda pun lebih berpotensi untuk mengalami insomnia. Oleh karena itu, aturlah jadwal kegiatan Anda sehari-hari serta usahakan untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1660172874058_1660172928

Share and Care

Cara Menjaga Kesehatan Otak

SIAPBELAJAR.COM- Otak merupakan organ yang berperan penting dalam mengendalikan seluruh fungsi tubuh. Oleh karena itu, kesehatan otak sangat penting untuk selalu dijaga. Apabila tidak dijaga dengan ba
1659702151927_1659702178

Keluarga

Tips Atasi Insomnia

SIAPBELAJAR.COM - Insomnia alias gangguan tidur di malam hari bisa sangat mengganggu. Pasalnya, tidur merupakan kebutuhan mendasar manusia yang sangat penting dan harus dicukupi. Itulah sebabnya, gang
1659252094664_1659252109

Keluarga

Stop Makan Mie Instan Setiap Hari!

SIAPBELAJAR.COM - Mie instan sering dijadikan menu pengganjal lapar andalan ketika kita tidak punya waktu (atau uang) untuk makan. Selain enak dan mudah cara buatnya, harga yang dibandrol untuk semang
1659180331045_1659180573

Keluarga

6 Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Pasti sudah tidak asing lagi dengan daun salam. Daun ini adalah tanaman herbal yang sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan, karena akan mengeluarkan aroma yang khas dan memb
1658749633790_1658749904

Keluarga

Atasi Alergi dengan Bahan Alami

SIAPBELAJAR.COM - Alergi bisa dialami siapa saja, mulai dari usia muda hingga tua. Namun, anak-anak merupakan kelompok usia yang paling rentan mengalami kondisi tersebut terlepas dari adanya riwayat k