Usai Diprotes Instagram Hentikan Fitur Uji Coba Tiktok

Lusi Yulia Irfani

Penulis : Lusi Yulia Irfani
Editor : Danang Hamid

0

0

Trending
Brown Beige Minimalist Simple Daily Vlog YouTube Thumbnail  (2)_1659235294

Instagram Stop Fitur Uji Coba

SIAPBELAJAR.COM - Instagram belakangan mengalami perubahan pada algoritmenya yang berdampak pada lini masa penggunanya. Diketahui menampilkan rekomendasi video berbasis algoritme.

Menurut mereka yang protes, versi tersebut secara terang-terangan mengikuti aplikasi saingannya TikTok. Instagram juga disebut menjauh dari asalnya yakni platform berbagi foto.

Kylie Jenner dan Kim Kardashian dalam Unggahannya meminta pihak Instagram untuk kembali ke jati dirinya "Make Instagram Instagram again" tulis dua bersaudara itu dalam Unggahan Instagramnya.

Menanggapi ketikan tersebut, CEO Instagram Adam Mosseri resmi membatalkan fitur tersebut. Ia menegaskan Instagram tetap mendukung foto. Tapi, mereka juga ingin fokus ke Vidio karena lebih di sukai orang-orang.

"Saya senang kami mengambil risiko, jika kami tidak sesekali gagal tidak berpikir cukup besar atau cukup berani," kata Mosseri, Jumat (29/7/2022). "Namun kita pasti perlu mengambil langkah besar ke belakang dan berdiskusi kembali".

Perubahan Instagram 

Perubahan yang digulirkan ke beberapa pengguna Instagram, yaitu versi aplikasi dengan foto dan video layar penuh (menyerupai antarmuka TikTok), akan dihentikan dalam 1-2 minggu ke depan. Instagram juga akan mengurangi konten rekomendasi yang didorong ke pengguna, sambil mengulik kembali algortime platform.

Namun bukan berarti Instagram tidak lagi menggarap sektor video. Mosseri memastikan platformnya akan terus melayani video tetapi akan mengurangi jumlah video yang direkomendasikan secara sementara.

Jumlah video itu akan meningkat lagi setelah perusahaan merasakan teknologinya sudah cukup baik.

Tak lama setelah protes pengguna Instagram, Mosseri juga telah buka suara. Dia memastikan foto akan terus memainkan peran penting untuk Instagram namun mengubah kebiasaan pengguna untuk mendukung video. 

Sementara itu CEO Meta, Mark Zuckerbrg mengatakan 15% konten di feed Facebook seseorang dan lebih sedikit pada Instagram direkomendasikan oleh AI dari pihaknya atau akun yang tidak diikuti. Dia mengharapkan bisa menggandakan angka tersebut pada akhir tahun depan.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1661664542796_1661664561

Saintek

Instagram Batasi Konten untuk Anak 16 Tahun

SIAPBELAJAR.COM - Instagram melakukan pembaruan yang menjadikan pengguna berumur di bawah 16 tahun mendapatkan pembatasan konten yang maksimal di platform ini.
1659863140624_1659863262

Saintek

Instagram Luncurkan Fitur NFT di Indonesia

SIAPBELAJAR.COM - Instagram resmi meluncurkan fitur NFT di Indonesia (5/8/2022). Sekarang kreator dapat mengunggah karya NFT (Non-Fungible Token) secara langsung dari blockchain ke Instagram .NFT a
1659326690552_1659326778

Share and Care

9 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

SIAPBELAJAR.COM – Di balik fungsinya sebagai medsos, Instagram juga bisa digunakan untuk menghasilkan uang. Ada banyak cara mendapatkan uang dari Instagram apabila tekun melakukannya dan bisa memanf
1659252378319_1659252441

Saintek

Tiktok Akan Luncurkan Streaming Musik Saingi Spotify dan Apple Music

SIAPBELAJAR.COM - Tiktok mengembangkan platformnya yang sebelumnya untuk berbagi video pendek. Menurut sebuah laporan, raksasa teknologi China itu akan masuk ke sektor streaming musik.Informasi ini
Brown Beige Minimalist Simple Daily Vlog YouTube Thumbnail  (2)_1659235294

Trending

Usai Diprotes Instagram Hentikan Fitur Uji Coba Tiktok

SIAPBELAJAR.COM - Instagram belakangan mengalami perubahan pada algoritmenya yang berdampak pada lini masa penggunanya. Diketahui menampilkan rekomendasi video berbasis algoritme. Menurut mereka yang