Asal Usul 16 Juni Dijadikan Hari Penyu Sedunia

Danang Hamid

Penulis : Danang Hamid
Editor : Asop Ahmad

0

1

Belajar
1655347880789_1655349355

Tukik yang baru menetas dari telurnya akan digiring ke laut bersama saudara-saudaranya.

SIAPBELAJAR.COM - Tahukah kamu? 16 Juni diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Penyu Sedunia. Lalu, mengapa dunia merayakan Hari Penyu Sedunia.

Telur Penyu di Era 80-an dan 90-an

Untuk orang yang pernah mengalami era 80-90an, tentu masih bisa mendapati para pedagang kaki lima yang menjajakan benda bulat tidak keras dan sedikit lunak berbalut pasir laut di cangkang putihnya.

Bulatan lunak putih tersebut dipajang bertumpuk menyerupai gunungan segitiga dan pembelinya bisa menyaantap langsung saat itu, karena telur sudah matang. Meskipun matang teksturnya tetap cair terutama di bagian putih telurnya.

Hanya dengan menggigit bagian kulitnya, maka cairan putih dan merah ini pun siap dikeluarkan dan bisa segera masuk ke mulut lalu "glek" telur penyupun masuk ke dalam perut melalui tengorokan.

Perbuatan ini. alias mengkonsumsi dan menjual telur penyu, kemudian dianggap menjadi sesuatu yang cruel alias kejam. Bahkan sejak lama masyarakat barat hingga kini menganggapnya sebagai Animal Abused. Dan kini, sangat dilarang.

Baca juga: Mahfud MD: Pemindahan Ibu Kota Negara akan Dimulai Juli Tahun 2024!

Di era itu, Kontributor Siapbelajar.com sering menjumpai pemandangan seperti ini di sekitar pusat Kota Sukabumi, yakni di sepanjang Jalan Ahmad Yani, yang merupakan titik sentral bisnis dan perdagangan di Kabupaten dan Kodya Sukabumi (kini Kota).

Tak heran, karena Kabupaten Sukabumi memiliki pantai Ujunggenteng yang relatif dekat secara geografis dengan pusat kota dan dikenal dengan keberadaan penyunya. Tapi, itu dulu! lain dulu lain sekarang.

Kini, bila kamu diberi kesempatan untuk berwisata ke Ujunggenteng Sukabumi, maka kamu bisa mengunjungi Balai Konservasi Penyu di Pantai Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Di sini kamu dapat melihat penangkaran penyu dan pelepasan tukik (anak penyu) ke lautan bebas. 

Bapak Biologi Penyu

Adalah Archie Carr, profesor zoologi sekaligus pendiri Sea Turtle Conservancy yang disebut dengan Bapak biologi penyu di Hari Penyu Sedunia, 16 Juni ini pun ia dilahirkan dan dikenang atas upayanya meningkatkan gerakan konservasi penyu dan warisan yang ditinggalkannya. 

Laman Sea Turtle Conservancy mengatakan bahwa, penelitian dan advokasi Archie Carr telah membawa dampak akan adanya perhatian pada kondisi yang mengancam secara berkesinambungan pada eksistensi penyu. 

Karya-karya studi Archie menyoroti masalah tersebut dan membantu menciptakan komunitas-komunitas yang terus berjuang untuk kehidupan dan masa depan penyu yang lebih baik. Archie menyadari betul sejak awal akan pentingnya keberadaan penyu bagi kehidupan di bumi. 

Penyu melakukan banyak tugas penting yang berkontribusi pada kesejahteraan kehidupan laut dan lingkungan. Salahsatunya, penyu belimbing dan penyu sisik yang turut membantu menjaga populasi ubur-ubur dan spons di laut. 

Hari Penyu Sedunia ini, tak lain bertujuan untuk mengingatkan semua orang tentang pentingnya melindungi semua spesies penyu. Hewan ini termasuk ke dalam hewan-hewan dengan status Critically Endangered atau terancam punah.

Fakta Menarik tentang Penyu

Penyu adalah kura-kura laut yang ditemukan di semua samudra di dunia.

Menurut data para ilmuwan, penyu sudah ada sejak akhir zaman Jura (145 - 208 juta tahun yang lalu atau seusia dengan dinosaurus).

Pada masa itu Archelon yang berukuran panjang badan enam meter,dan Cimochelys telah berenang di laut purba seperti penyu masa kini.

Penyu memiliki sepasang tungkai depan yang berupa kaki pendayung yang memberinya ketangkasan berenang di dalam air.

Walaupun seumur hidupnya Berkelana di dalam air, sesekali hewan kelompok vertebrata, kelasreptilia itu tetap harus sesekali naik ke permukaan air untuk mengambil napas. itu karena penyu bernapas dengan paru-paru.

Penyu pada umumnya bermigrasi dengan jarak yang terbilang sangat jauh  dengan waktu yang tidak terlalu lama. Bayangkan! mereka bisa menempuh jarak 3000 kilometer  yang dapat mereka tempuh antara 58 hingga 73 hari.

Penyu yang menetas di perairan pantai Indonesia ada yang ditemukan di sekitar kepulauan Hawaii.

Penyu diketahui tidak setia pada tempat kelahirannya.

Tidak banyak regenerasi yang dihasilkan seekor penyu, dari ratusan butir telur yang dikeluarkan oleh seekor penyu betina, paling banyak hanya belasan saja.

Tukik, sebutan untuk bayi penyu yang berhasil sampai kelaut kembali dan tumbuh dewasa terancam faktor perburuan oleh manusia dan pemangsa alaminya seperti kepiting,burung dantikus di pantai, serta ikan-ikan besar, begitu tukik tersebut menyentuh perairan dalam.

Di tempat-tempat yang populer sebagai tempat bertelur penyu biasanya dibangun stasiun penetasan untuk membantu meningkatkan tingkat survival, seperti di Pangumbahan, Cikepuh Pantai Selatan Jawa Barat, Pantai Selatan Lombok, Bali, Alas Purwo Jawa Timur, Rokan Hilir Riau, Retak Ilir Bengkulu dan lain-lain. 

Komentar (1)

komentar terkini

Windy lestiana
1 bulan lalu
Windy lestiana :
Katanya kandungan kolesterol yang terdapat dalam satu butir telur penyu sama dengan 20 butir telur ayam, makanya ngga heran banyak yang nyari.

Berita Terkait

1659251487178_1659251618

Belajar

Taksonomi & Morfologi Daun Pandan

SIAPBELAJAR.COM - Pandan adalah jenis tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae yang memiliki daun beraroma wangi yang khas. Daunnya merupakan komponen penting dalam tradisi masakan Indonesia dan neg
1659186741695_1659187019

Keluarga

Mengenal Burung Cendrawasih

SIAPBELAJAR.COM - Pesona dan eksotisme wilayah Indonesia bagian timur meliputi panorama alam, adat budaya, serta flora dan fauna sungguh sangat memukau. Bahkan kawasan ini dijuluki sebagai potongan su
1658493421962_1658493762

Belajar

Bunga Kamboja

SIAPBELAJAR.COM - Kemboja atau semboja (Plumeria) adalah sekelompok tumbuhan dalam genus Plumeria. Bentuknya berupa pohon kecil dengan daun jarang namun tebal. Bunganya yang harumnya sangat khas, deng
1657925934086_1657925969

Belajar

SEAQIL luncurkan Standar Kompetensi Pengajar BIPA

SIAPBELAJAR.COM - SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) meluncurkan Standar Kompetensi Pengajar (SKP) Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) secara daring pada Rabu, 13 Juli 2022. SKP BIPA menjadi upa
1657258511556_1657258549

Belajar

Klasifikasi Ilmiah Bunga Asoka

SIAPBELAJAR.COM - Tahukah anda bahwa tanaman ini merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki sejarah cukup panjang, di mana bunga soka diambil dari bahasa sansekerta yang memiliki arti terbebas. D