Spesifikasi Bus Listrik UI yang Siap Mendukung Transportasi Jalannya KTT G20

Danang Hamid

Penulis : Danang Hamid
Editor : Asop Ahmad

0

1

Saintek
1655267957451_1655268273

Bus L:istrik Universitas Indonesia Siap Mendukung Jalannya KTT G20

SIAPBELAJAR.COM - Bus listrik hasil karya Universitas Indonesia yang merupakan hasil riset dan rancangan UI untuk mendukung penyelenggaraan Presidensi G20 secara simbolis telah diserahkan kepada pemerintah, pada Jumat lalu (10/6) oleh Rektor UI, Ari Kuncoro kepada pemerintah melalui Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Balai Sidang, Kampus Universitas Indonesia Depok.

“Dengan ini, UI menyerahkan Bus Listrik kepada pemerintah sebagai salah satu sarana transportasi penyelenggaraan Presidensi G20,” ungkap Profesor Ari Kuncoro.

Dengan ukuran panjang 12 meter dan bobot maksimal 16 ton, tingkat komponen dalam negeri bus listrik UI ini disebut-sebut merupakan  yang tertinggi di Indonesia untuk kelas bus berukuran besar.

Mulai dari sistem penggerak, chassis, sistem rem dan kendali, inverter, dashboard, dan sistem pendingin dirancang oleh para ahli UI dan dibangun oleh perusahaan-perusahaan dalam negeri.

Baca juga: MacBook Pro 13 Inci Keluaran Apple dengan Chip M2 Mulai Dijual 17 Juni

Bus tersebut terwujud berkat dukungan Pemerintah Indonesia melalui Lembaga Pengembangan Dana Pendidikan (LPDP). 

Direktur LPDP Andin Hadiyanto memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim UI yang  berhasil menyelesaikan prototipe Bus Listrik siap uji tipe ini. 

“Hasil tersebut bukanlah sesuatu yang instan karena telah melalui jalan panjang penelitian selama kurang lebih 10 tahun proses yang telah dijalani dan telah menghasilkan output yang tidak hanya berupa produk fisik, tetapi juga output dan outcome yang tak ternilai,” kata Andin.

Seperti yang pernah disampaikan Siapbelajar.com sebelumnya, bahwa bus ini telah siap melalui uji tipe sertifikasi oleh Kementerian Perhubungan.

Bus Listrik UI juga disebut merupakan satu-satunya bus prototipe bus ukuran besar yang siap dipakai di jalan raya untuk mendukung transportasi jalannya KTT G20.

Konferensi Tingkat Tinggi G20 Bali merupakan pertemuan ketujuh belas Kelompok Duapuluh (G20) dijadwalkan berlangsung di Bali, pada November mendatang.

Spesifikasi Bus Listrik UI

Otoloka mengatakan Bus listrik ini merupakan bus perkotaan dengan low entrance deck. 

Dimensi panjang 12 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 3,7 meter. 

Konfigurasi tempat duduk ditempatkan secara berhadap-hadapan layaknya bus kota, dan diklaim mampu menampung hingga 64 orang.

Bus listrik ini diklaim mampu menempuh jarak sejauh 300 kilometer dalam sekali pengisian baterai penuh.

Maksimum hingga 130 Km/jam dengan transmisi semi otomatik atau AMT.

Belum diketahui, berapa kapasitas baterai, spesifikasi tenaga dan torsi dari motor listrik yang digunakan Bus UI tersebut.

Pihak kampus UI sendiri terus meningkatkan berbagai komponen pendukung lain, diantaranya waktu pengisian baterai yang menjadi tantangan para pengembang untuk mengatasinya. 

Komentar (1)

komentar terkini

Yudi AlRasyid
2 bulan lalu
Yudi AlRasyid :
Sebuah hasil atas perjalanan Proses yg panjang, semoga Bus Listrik karya UI ini terus berkembang dan memberi kemaslahatan utk umat, selamat dan SUKSES ya..

Berita Terkait

Brown Beige Minimalist Simple Daily Vlog YouTube Thumbnail  (1)_1659222304

Trending

Semua Mobil Dinas Pejabat akan Diganti Mobil Listrik

SIAPBELAJAR.COM - Kepala kantor staf presiden, Moeldoko mengatakan kendaraan dinas pejabat akan diganti menggunakan mobil listrik. Penggantian tersebut akan dimulai dari mobil dinas para menteri. Hal
1658924626269_1658924655

Belajar

5 Beasiswa S1-S3 di Jepang

SIAPBELAJAR.COM - Jepang masuk kedalam 5 besar Negara favorit pilihan pelajar Indonesia untuk berkuliah.dan Jepang rutin memberikan kesempatan beasiswa bagi pelajar Indonesia setiap tahunnya, mulai
1658821628465_1658821650

Trending

Transjakarta Khusus Wanita Kembali Beroperasi

SIAPBELAJAR.COM - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali mengoperasikan bus pink khusus penumpang wanita mulai Senin (25/7). Bus ini sempat berhenti beroperasi saat pandemi covid-19. Bus
Orange Adventure Cycling Holiday Vlog YouTube Thumbnail (2)_1658658247

Belajar

Kemenag dan LPDB Siapkan 10.000 Beasiswa untuk PPG

SIAPBELAJAR.COM- Kementerian Agama bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan menyiapkan dana penyelenggaraan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan
1658567432947_1658567446

Belajar

Ada 10.000 Kuota Beasiswa Pendidikan Profesi Guru, Mau?

SIAPBELAJAR.COM – Kementerian Agama terus berupaya meningkatkan kompetensi para guru. Salah satunya menyiapkan dana penyelenggaraan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan Tahun 2022.S