Negara Unggul, Guru Harus Profesional

oleh -0 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

GURU Besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof. Suyanto mengatakan profesionalisme seorang guru menjadi faktor penentu keunggulan suatu negara.
“Guru itu harus bisa membuat anak-anak kita menjadikan negara ini unggul, keunggulan faktornya yaitu inovasi, networkingknowledge dantechnology, serta natural resources,” ujar Suyanto, dalam Executive Forum, di Crowne Hotel, Jakarta, Selasa (11/6/2013).

Dia mencontohkan, Jepang merupakan negara makmur dengan pendapatan per kapita sebesar USD30 per bulannya. Dikatakan dia, inovasi di Negeri Sakura tersebut sangat luar biasa.

“Oleh karena itu, ini diperlukan guru yang profesional, anak-anak bisa menjadi kreatif, santun, pintar, inovatif, dan imajinasi lebih penting daripada teknologi,” ucapnya.

Menurutnya, guru profesional merupakan guru yang memiliki keahlian dan keterampilan yang diperoleh melalui pendidikan atau pelatihan khusus guna menunjang pekerjaannya serta memiliki kualifikasi akademik minimal S1/D4.

“Jangan pesimistis dengan pendidikan di Indonesia, kita juga hasil dari pendidikan di Indonesia, kita masih berjuang agar guru membudidayakannya,” tutur Suyanto.

Sekadar informasi, Tanoto Foundation mengajak rekan-rekan media untuk berpartisipasi di dalam Executive Forum Pelita Pendidikan dengan tema ‘Kualitas Guru Menuju Profesionalisme’.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.