Mulai Tahun Ini Bidikmisi Disalurkan Langsung ke Rekening Mahasiswa

oleh -4 views
Ilustrasi (www.suarapembaruan.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (www.suarapembaruan.com)
Ilustrasi (www.suarapembaruan.com)

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Ditjen Pendidikan Dikti (Dikti) akan menyalurkan dana Bidikmisi langsung ke rekening mahasiswa penerima melalui bank penyalur. Mekanisme tersebut merupakan mekanisme baru penyaluran Bidikmisi yang akan dimulai pada tahun ini. Sebelumnya, dana Bidikmisi disalurkan Ditjen Dikti Kemdikbud ke mahasiswa penerima melalui perguruan tinggi.

Perubahan mekanisme tersebut dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 81 tahun 2012 tentang Belanja Bantuan Sosial pada Kementerian Negara atau Lembaga. “Semua bantuan sosial harus langsung ke sasaran, tidak boleh lagi lewat perguruan tinggi,” kata Direktur Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti, Illah Sailah, saat jumpa pers pada Rabu sore (10/4), di Senayan, Jakarta.

Illah menjelaskan, selama ini penyaluran anggaran Bidikmisi untuk mahasiswa dilakukan melalui perguruan tinggi. Kemudian masing-masing perguruan tinggi menyalurkannya lagi ke rekening mahasiswa. Mekanisme ini menimbulkan beberapa masalah, salah satunya keterlambatan penyaluran hingga sampai ke mahasiswa. “Ada yang sampai tiga bulan belum diberikan,” ujarnya. Keterlambatan tersebut antara lain disebabkan karena adanya kesalahan administrasi berupa salah pencatatan nomor rekening dan nama mahasiswa.

Karena itu, jelas Illah, berdasarkan Permenkeu Nomor 81 tahun 2012, Ditjen Dikti Kemdikbud meminta izin ke Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu untuk membuka rekening baru khusus untuk Bidikmisi. Rekening tersebut dibuka di bank penyalur yang menang tender pada November 2012 lalu. Mahasiswa penerima Bidikmisi juga harus memiliki rekening di bank penyalur tersebut.

Ditjen Dikti kemudian meminta pencairan dana Bidikmisi ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta III. Setelah cair di KPPN, bank penyalur langsung mentransfer anggaran Bidikmisi ke rekening mahasiswa. “Paling cepat Jumat ini atau minggu depan mahasiswa terima (dana Bidikmisi),” ujar Illah.

Saat ini masih berlangsung proses pembukaan rekening oleh mahasiswa di bank penyalur. Untuk mempermudah mahasiswa membuka rekening, bank penyalur menggunakan sistem “jemput bola”, yaitu mendatangi mahasiswa langsung ke kampus, didampingi perwakilan perguruan tinggi. Berdasarkan persyaratan tender, bank penyalur tidak akan meminta setoran awal kepada mahasiswa. Selain itu, mahasiswa Bidikmisi juga tidak dikenakan biaya administrasi yang dipotong setiap bulan.(kemdiknas.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.